Aneh! Wanita Ini Bilas Daging Cincang yang Bikin Netizen Heran

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 22 Des 2020 14:30 WIB
Daging Cincang Dibilas Air Setelah Matang Foto: TikTok Emily Harper
Jakarta -

Setelah dimasak matang biasanya daging cincang dibumbui. Tetapi wanita ini justru membilasnya dengan air. Netizenpun heboh berkomentar.

TikTok sebenarnya cukup banyak memberikan informasi. Beberapa tips dan cara alternatif yang unik banyak dibagikan oleh pengguna TikTok.

Berbagai tips yang dibagikan ini mencakup banyak hal. Mulai dari alternatif memasak, mengatasi gadget, membuka tutup kaleng sarden, hingga tips memasak yang belum diketahui banyak orang.

Seperti yang baru-baru ini heboh di TikTok. Emily Harper, wanita lulusan pendidikan nutrisi ini membagikan tips memasak daging yang lebih sehat.

Daging Cincang Dibilas Air Setelah MatangDaging Cincang Dibilas Air Setelah Matang Foto: TikTok Emily Harper

Mengutip dari Today (16/12), banyak pengguna TikTok yang melihat hal tersebut sebagai hal aneh dan tidak perlu dilakukan. Beberapa bahkan hingga melempar komentar-komentar negatif pada Emily.

Melalui video yang diunggah ia membagikan cara memasak daging yang ia pelajari di sekolah nutrisinya beberapa tahun lalu. Menurutnya cara memasak tersebut akan membuat daging lebih sehat karena kandungan lemak dalam jumlah banyak akan larut.

Pada videonya terlihat Emily yang mengeluarkan daging cincang dari sebuah kantong plastik ke wajan. Ia kemudian memasak daging tersebut di atas wajan panas hingga mengeluarkan banyak minyak yang bahkan merendam sebagian permukaan daging.

Daging Cincang Dibilas Air Setelah MatangDaging Cincang Dibilas Air Setelah Matang Foto: TikTok Emily Harper

Baca Juga: 5 Kuliner Kekinian yang Jadi Tren di TikTok Sepanjang 2020

"Semua minyak ini menjijikkan. Jadi, singkirkan itu!," tulis Harper, menunjukkan kumpulan minyak di wajan.

Selanjutnya Emily mengangkat wajan tersebut. Daging yang ia masak dituangkan ke saringan kawat dan dibilasnya dengan air mengalir.

Daging Cincang Dibilas Air Setelah MatangDaging Cincang Dibilas Air Setelah Matang Foto: TikTok Emily Harper

Cara ini memang terlihat membuang banyak lemak alami yang terkandung dari daging. Mencuci dengan air membuat daging cincang bersih, bebas dari lemak cair.

Setelah dibilas, Emily memasukkan kembali dagingnya ke wajan. Kemudian ia kembali memasak daging cincang itu. Daging cincang tersebut terlihat lebih kering tanpa minyak yang menggenang.

"Berhenti merusak daging," TikToker @mrnigelng memberi komentar dengan emoji wajah menangis.

"Simpan sedikit minyak itu di sana, jangan tiriskan semuanya atau itu akan kering!" balas @simplyfoodbyty.

Daging Cincang Dibilas Air Setelah MatangDaging Cincang Dibilas Air Setelah Matang Foto: TikTok Emily Harper

Menurut seorang ahli nutrisi, Kristin Koskinen, membilas daging sapi seperti ini akan menghilangkan banyak nutrisi penting yang akan ikut terbilas dengan air. Sebaiknya hal seperti ini tidak perlu dilakukan. Cukup menghilangkan sebagian minyaknya tanpa membilasnya dengan air.

"Membilas daging sapi bukanlah ide baru. Sudah ada selama beberapa generasi sebagai cara praktis penurunan berat badan," kata Koskinen.

"Secara umum, itu bukan tren yang saya rekomendasikan untuk diikuti. Ini akan menyingkirkan lemak ekstra yang akan mengurangi jumlah kalori per porsi, tetapi mungkin nutrisi pentingnya juga hilang," lanjut Koskinen.

Koskinen mengatakan bahwa jika membeli daging berkualitas tinggi, seperti daging sapi pemakan rumput, dan benar-benar membilasnya akan menghilangkan asam lemak omega 3 dan vitamin K2 dengan lemak.

Asam lemak omega 3 bermnafaat untuk kesehatan otak dan anti peradangan. Sementara vitamin K2 berperan untuk kesehatan jantung dan memperkuat tulang. Menurut Koskinen daripada membilas daging, lebih baik membeli hamburger berkualitas baik dan menikmatinya.

"Memang benar bahwa ketika membuang cairan yang keluar dari daging yang dimasak akan mengurangi jumlah lemak dan kalori, tetapi akan lebih baik dengan membeli daging yang rendah lemak atau membeli unggas," Bonnie Taub-Dix.

Baca Juga: Gratis! Belajar Masak Daging Bersama 5 Celebrity Chef



Simak Video "Asem-asem Daging Legendaris yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com