Hidangan Natal Rumahan

5 Kue Tradisional Ini Selalu jadi Suguhan Istimewa Hari Natal

Riska Fitria - detikFood Selasa, 22 Des 2020 15:00 WIB
5 Kue Tradisional  Ini Selalu jadi Suguhan Istimewa Hari Natal Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
Jakarta -

Aneka kue sudah menjadi bagian dari perayaan Natal. Di berbagai daerah Indonesia, memiliki kue khas tersendiri yang sudah populer sebagai hidangan natal. Apa saja?

Perayaan Natal kurang meriah tanpa adanya suguhan aneka kue. Mulai dari kue dengan rasa gurih sampai yang manis legit. Nah, setiap negara memiliki suguhan tersendiri untuk hidangan Natal.

Begitu pula dengan Indonesia yang memiliki berbagai daerah dengan tradisi yang berbeda-beda. Karena keragamannya, setiap daerah di Indonesia memiliki kue khas tersendiri untuk suguhan Natal.

Sebagian kue Natal tersebut ada yang mendapat pengaruh dari Belanda. Maka tak heran tampilan dan rasanya juga ada kemiripan.

Berikut ini 5 kue tradisional dari Indonesia yang populer sebagai suguhan Natal.

1. Klappertart

5 Kue Tradisional  Ini Selalu jadi Suguhan Istimewa Hari Natal5 Kue Tradisional Ini Selalu jadi Suguhan Istimewa Hari Natal Foto: iStock

Klappertart merupakan kue khas Manado yang populer menjadi hidangan Natal. Namun, tahukah kamu bahwa klappertart mendapat pengaruh Belanda? Dalam bahasa Belanda Kata 'klappert' berarti kelapa.

Sedangkan kata 'tart' adanya penyebutan kue. Sesuai dengan artinya, klappertart merupakan kue kelapa atau disebut juga pie kelapa. Kue ini berbahan dasar tepung, air kelapa, gula, susu, telur dan mentega.

Klappertart biasa disajikan dengan topping kacang kenari yang diiris, kismis dan bubuk kayu manis. Kue khas Natal yang satu ini memberikan sensasi rasa gurih dan manis.

Kini, kue klappertart banyak diinovasikan dengan berbagai varian rasa. Ada yang membuat dengan varian rasa cokelat, keju, raisin dah lainnya yang membuat suasana Natal semakin meriah.

Baca Juga : Gurih Lembut Klappertaart Khas Minahasa

2. Poporcis

5 Kue Tradisional  Ini Selalu jadi Suguhan Istimewa Hari Natal5 Kue Tradisional Ini Selalu jadi Suguhan Istimewa Hari Natal Foto: iStock

Yang tak kalah lezat ada kue poporcis dari Ambon. Sama seperti klappertart, sebenarnya kue poporcis ini merupakan adaptasi dari Belanda. Di negeri kincir angin, kue itu dikenal dengan sebutan poffertjes.

Kue tersebut terbuat dari bahan dasar seperti tepung, telur, gula dan baking soda. Jika dilihat bentuknya mirip seperti pancake tapi dalam ukuran yang lebih kecil.

Nah, yang menjadi ciri khas antarapoporcis khas Ambon danpoffertjes khas Belanda adalah pada tambahan labu kuning.Poporcis menggunakan labu kuning, sehingga rasanya lebih legit dan bertekstur lembut.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com