Diduga Langgar Prokes, Resto Baru Rizky Billar Dibubarkan Satpol PP

Devi Setya - detikFood Minggu, 20 Des 2020 10:30 WIB
Diduga Langgar Prokes, Resto Baru Rizky Billar Dibubarkan Satpol PP Foto: instagram @rajasei
Jakarta -

Artis tampan Rizky Billar baru saja membuka restoran Raja Se'i yang berlokasi di Kemang, Jaksel. Antusiasme yang tinggi membuat resto ini digeruduk satpol PP dan Camat Mampang Prapatan.

Sukses di dunia hiburan tak membuat Rizky Billar langsung merasa puas. Ia mencoba peruntungan lewat bisnis kuliner. Kekasih Lesti Kejora ini pun membuka restoran yang menyajikan menu se'i sapi.

Restoran dengan brand Raja Se'i ini melakukan grand opening pada Sabtu, 19 Desember 2020. Antusiasme masyarakat yang ingin mencicip se'i sapi ala Rizky Billar ini, membuat Satpol PP melakukan penertiban karena dikhawatirkan terjadi pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

Diduga Langgar Prokes, Resto Baru Rizky Billar Dibubarkan Satpol PPDiduga Langgar Prokes, Resto Baru Rizky Billar Dibubarkan Satpol PP Foto: instagram @rajasei

Petugas Satpol PP dan Camat Mampang Prapatan melakukan pemeriksaan penerapan prokes di resto ini. Hasil dari pemeriksaan ini, petugas tidak menemukan pelanggaran yang dilakukan Rizky Billar maupun managemen resto Raja Se'i.

Kendati demikian, petugas terus menghimbau agar prokes selalu diterapkan. Camat Mampang Prapatan juga sempat mengatakan akan memeriksa perizinan dari resto ini.

Resto se'i sapi milik Billar ini sebenarnya sudah mempersiapkan prosedur prokes ketat sebelum melakukan acara grand opening. Pihak managemen bahkan menggandeng dokter Tirta untuk membantu mengatur alur prokes di restoran ini.

Dr. Tirta mencoba memberikan arahan terkait jaga jarak antar orang, nomor antrian, tempat cuci tangan, sistem reservasi online dan jumlah pengunjung yang diperbolehkan. Dengan modal ini seharusnya Raja Se'i bisa meminimalisir terjadinya tumpukan pengunjung.

Dapat dilihat juga, antrean untuk masuk ke area resto sangat diatur, tidak semua orang bisa masuk karena diwajibkan melakukan reservasi online.

Untuk bisnis kuliner ini, Rizky Billar tidak menjalankannya sendirian. Ia bersama pengusaha lainnya yakni Basuki Surodjo dan Chris Sebastian mencoba menghadirkan resto spesialis yang menyajikan menu se'i sapi.

Diduga Langgar Prokes, Resto Baru Rizky Billar Dibubarkan Satpol PPDiduga Langgar Prokes, Resto Baru Rizky Billar Dibubarkan Satpol PP Foto: instagram @rajasei

Se'i sapi adalah hidangan olahan daging asli Kupang, Nusa Tenggara Timur. Menu se'i sedang naik daun karena belakangan banyak resto yang hadir dengan menu andalan se'i sapi.

Dalam versi aslinya, se'i terbuat dari daging babi berlemak yang diiris tipis memanjang, kemudian diberi garam dan bumbu serta diolah dengan cara diasap hingga kering dan matang. Kini se'i dibuat dalam versi halal menggunakan daging sapi. Se'i juga kerap disajikan dengan sambal pelengkap.


Terkait resto Rizky Billar yang digeruduk Satpol PP, sebelumnya juga ada beberapa resto dan tempat makan yang juga mendapat perhatian para petugas Satpol PP. Beberapa restoran terpaksa harus berhenti operasi sementara karena menyebabkan kerumunan dan melanggar prokes.



Simak Video "Masak Masak: Resep Sei Sapi Sambal Dabu-dabu"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com