Bagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang Jijik

Devi Setya - detikFood Sabtu, 19 Des 2020 19:00 WIB
Bagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang Jijik Foto: youtube Mursid Affandi
Jakarta -

Sudah bukan rahasia lagi kalau kuliner India terkenal eksotis sekaligus jorok. Orang-orang Indonesia membagikan pengalamannya saat jajan di India, ada yang jijik.

Masyarakat India dikenal dengan kesadaran yang minim akan kebersihan, termasuk soal makanan. Ada beberapa jajanan khas India yang diolah dengan cara unik sekaligus bikin bergidik.

Ada beberapa orang Indonesia yang tinggal di India dan menjajal langsung sensasi jajan makanan. Pengalaman ini dibagikan lewat video yang diunggah di Youtube.

Uniknya, ada yang merasa jijik untuk makan dan bahkan ada yang merasa mual meskipun baru melihat makanan diracik. Kudapan khas India ini beragam, ada yang mirip rujak namun ada juga yang mirip kue yang disajikan bersama kuah.

Berikut pengalaman jajan orang-orang Indonesia di India.

1. Jajan Pani Puri

Youtuber bernama Mursid Affandi berkunjung ke India belum lama ini. Ia jajan pani pur, kudapan manis yang sangat populer di India. Selain terkenal karena lezat, jajanan ini juga terkenal karena proses pembuatannya yang dianggap menjijikan.

Kue berbentuk bola-bola ini diberi lubang lalu dicelupkan ke dalam kuah. Untuk pedagang yang ditunjukkan Mursid ini sudah menggunakan sarung tangan plastik untuk tangan yang mencelupkan kue.

Tapi untuk melubangi kue, pedagang ini menggunakan tangan kosong. Menurut Mursid rasa jajanan ini enak karena manis dan segar. Meski meragukan kebersihannya tapi jajanan ini tetap ia lahap habis.

2. Jajan Dahi Puri

Bagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang JijikBagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang Jijik Foto: youtube Agoes Aufiya

Pengalaman jajan di India juga dibagikan oleh Agoes Aufiya. Ia mencoba pani puri dan dahi puri. Kue yang terbuat dari adonan tepung terigu ini diisi kentang dan saus lalu disajikan dengan kuah berwarna hijau.

Agoes mencicip pani puri dan dahi puri. Dua kudapan ini dinilai enak dan maknyus. Sementara untuk dahi puri, jajanan ini disajikan dengan tambahan cabe hijau yang sudah dihaluskan. Dahi sendiri adalah yogurt khas India yang jadi pelengkap jajanan.

3. Jajan rujak India


Lewat youtube channel Street Food, kali ini jajanan yang dicoba adalah campuran buah-buahan mirip rujak di Indonesia. Seorang penjual campuran buah ini mencampur belimbing, kedondong dan jambu biji bersamaan.

Untuk bumbunya ada gula, garam, cabai dan saus khusus. Semua buah dan bumbu ini dicampur jadi satu dan diaduk rata. Tampilannya yang berantakan membuat rujak ini kurang menggoda selera.

4. Makan di mal

Youtuber Nita Sofiani memilih makan di restoran mal yang ada di New Delhi. Menurutnya, restoran di mal India ini bersih dan tidak seperti yang dibicarakan banyak orang.

Nita yang sudah 4 tahun tinggal di India ini menunjukkan kalau makanan yang disajikan di restoran ini bersih dan rasanya enak. Ia juga menunjukkan di restoran ini ada sushi dan sashimi.

5. Pasar di India

Bagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang JijikBagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang Jijik Foto: youtube Mursid Affandi


Youtuber Mursid Affandi kali ini mengajak netizen jalan-jalan ke pasar tradisional. Ia memperlihatkan suasana pasar yang ramai oleh penjual dan pembeli. Pasar ini terlihat menempati area lapang tanpa ataup, jadi suasananya agak panas.

Di pasar ini ada penjual ayam, ikan, sayuran dan buah. Uniknya, Mursid menemukan ikan lele super jumbo yang dijual di pasar ini. Setiap penjual menggelar lapak dagangannya begitu saja karena taak ada kios. Untuk ukuran pasar tradisional, di sini tampak cukup bersih.



Simak Video "Manis Legit Lapis India Khas Banjarmasin"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com