Hidangan Natal Rumahan

Tips Bikin Rumah Kue Jahe yang Kokoh Buat Rayakan Natal

Riska Fitria - detikFood Jumat, 18 Des 2020 15:00 WIB
Tips Bikin Rumah Kue Jahe yang Kokoh Buat Rayakan Natal Foto: iStock
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan
Jakarta -

Perayaan Natal identik dengan rumah kue jahe. Ikuti tips berikut agar fondasi rumah kue jahe kokoh dan bisa dipamerkan saat Natal tiba.

Rumah kue jahe atau gingerbread house identik dengan musim liburan dan perayaan Natal. Membuat rumah kue jahe menjadi kegiatan favorit orang-orang setiap tahun, tepatnya ketika Natal mendekati. Cara ini juga bisa dijadikan hiburan untuk anak-anak.

Saat membuat dan mendekorasi rumah kue jahe, kamu perlu cara yang tepat untuk membuat fondasinya tetap kokoh dan kerenyahannya tetap terasa. Jangan sampai rumah kue jahe justru rubuh sebelum pembuatannya selesai.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk mendapatkan rumah kue jahe yang kokoh dan renyah. Mulai dari saat pembuatan hingga menentukan tempat penyimpanannya.

Berikut ini tips membuat rumah kue jahe yang kokoh dan tetap renyah, seperti dilansir dari Mashed (15/12):

Baca Juga: Fantastis! Keluarga Kardashian Rayakan Natal Dengan Kue Jahe Rp 16 Juta

1. Adonan yang Tepat

Tips Bikin Rumah Kue Jahe yang Kokoh Buat Rayakan NatalTips Bikin Rumah Kue Jahe yang Kokoh Buat Rayakan Natal Foto: iStock

Kue jahe memang lebih enak jika teksturnya lembut dan kenyal. Tetapi tekstur kue yang seperti itu akan sangat berisiko untuk disusun menjadi rumah kue jahe.

Untuk disajikan dalam waktu yang sebentar, kue dengan tekstur yang lebih lembut mungkin tidak akan begitu bermasalah. Tetapi jika tujuannya untuk membuat rumah kue jahe, diperlukan tekstur yang kokoh.

Selain itu, agar rumah kue jahe dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, pilihlah resep kue jahe yang lebih renyah dan keras sehingga tidak mudah roboh saat didekorasi.

Caranya, coba kurangi penggunaan bahan-bahan yang membuat adonan menjadi lebih lembab. Selain itu, pastikan untuk mengukur ketebalan kue jahe dengan tepat agar bagian dalam kue jahe matang dan kering secara merata nantinya.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menyimpan adonan kue jahe dulu dalam freezer sebelum dipakai. Kalau tertarik membuatnya, cek resepnya di sini.

2. Simpan di Suhu Dingin dan Kering

Tips Bikin Rumah Kue Jahe yang Kokoh Buat Rayakan NatalTips Bikin Rumah Kue Jahe yang Kokoh Buat Rayakan Natal Foto: iStock

Kunci dari keberhasilan pembuatan rumah kue jahe sebenarnya adalah kesabaran. Semua icing yang dipakai sebagai dekorasi sekaligus 'lem' harus mengering sempurna dulu sebelum lanjut ke langkah berikutnya.

Saat menempelkan bagian-bagian rumah kue jahe dibutuhkan icing dengan kekentalan yang pas. Untuk membantu kue jahe merekat dengan baik dan tidak mudah basah, maka rumah kue jahe juga harus disimpan di tempat yang dingin dan kering.

Perlu diketahui bahwa rumah kue jahe sangat rentan terhadap kelembaban dan cairan. Pastikan agar kondisi tempat menyimpan rumah kue jahe dingin dan kering agar meminimalisir kontak cairan dan kelembaban dengan kue jahe.

Baca Juga: Kue Jahe hingga Nastar, Kue Klasik yang Selalu Bikin Kangen



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Hidangan Natal Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com