5 Jajanan Anak SD Jadul yang Bikin Kangen, Nostalgia Yuk!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 17 Des 2020 15:00 WIB
permen gulali, jajanan anak SD jadul Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008
Jakarta -

Jajanan anak SD jadul ini selalu bikin kangen dan bernostalgia. Ada telur gulung, permen gulali, hingga ayam goreng crispy yang harganya seribuan.

Tak hanya anak kecil saja yang menyukai jajanan SD jadul, banyak orang dewasa yang juga menikmati jajanan anak SD jadul. Biasanya jajanan anak SD jadul ini kerap dijajakan penjual di depan pagar sekolah dasar.

Jenis jajanan yang ditawarkan sangat beragam. Harganya juga terbilang terjangkau, karena pasarnya untuk anak sekolah. Harganya berkisar dari Rp 1.000 sampai Rp 5.000 paling mahal.

Setidaknya ada 5 jajanan anak SD jadul yang bikin kangen dan bernostalgia. Seperti telur gulung, permen gulali, hingga ayam goreng crispy dengan potongan kecil.

Berikut 5 jajanan anak SD jadul yang bikin kangen:

1. Telur Gulung

telur gulung ineztelur gulung inez Foto: Dok. detikFood

Telur gulung jadi salah satu jajanan anak SD jadul paling favorit hingga sekarang. Seperti namanya, telur ini disajikan dengan digulung ke tusukan sate. Biasanya penjual telur gulung ini menggunakan gerobakan atau pikulan.

Beberapa butir telur dikocok menjadi satu dan ditambahkan air agar teksturnya cair. Setelah itu digoreng dalam minyak panas yang banyak. Kemudian penjual menggulungnya dengan tusuk sate.

Telur gulung ini disajikan dalam plastik bening atau gelas plastik kecil. Ditambahkan saus sambal dan aneka bumbu bubuk. Harganya mulai dari Rp 1.000 per tusuknya.

Telur gulung ini juga kerap dikreasikan dengan tambahan bihun. Ada juga yang menggunakan potongan sosis dan bakso.

Baca Juga: Telur Gulung yang Gurih Enak Ada di 5 Tempat Ini! https://food.detik.com/info-kuliner/d-4308658/telur-gulung-yang-gurih-enak-ada-di-5-tempat-ini

2. Permen Gulali

permen gulali, jajanan anak SD jadulpermen gulali, jajanan anak SD jadul Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Permen gulali warna-warni juga jadi jajanan anak SD jadul yang bikin kangen. Peremen gulali ini biasanya terbuat dari gula dengan warna hijau, merah, oranye, atau kuning.

Permen gulali ini makin menarik perhatian bentuknya yang cantik. Ada yang dibentuk menjadi dot bayi, bunga, ayam jago, hingga terompet.bBentuk-bentuk ini dibuat langsung oleh sang penjual permen gulali.

Kita bisa meminta permen gulali dengan bentuk yang diinginkan. Biasanya permen gulali ini juga ditambahkan susu kental manis. Harganya berkisar Rp 1.000-Rp 3.000 per pcsnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Soto Padang yang Penuh Rempah dan Tetelan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com