Gaya 'Intel' Saat Nyamar Jadi Tukang Bakso

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 17 Des 2020 13:30 WIB
Polsek Cilandak Ungakap Gaya Intel Saat Nyamar Jadi Tukang Bakso Foto: Instagram @polsek.cilandak
Jakarta -

Beberapa kali netizen dihebohkan dengan kabar penjual bakso yang diduga seorang intel. Polsek Cilandak malah mengungkap gaya intel saat menyamar jadi tukang bakso.

Intelligence Class atau yang biasa dikenal dengan sebutan intel adalah salah satu fungsi umum dalam kepolisian. Intel adalah seorang polisi yang tidak berseragam.

Dilansir dari Facebook Divisi Humas Polri (17/4), Intel memiliki fungsi sebagai mata dan telinga lembaga kepolisian. Biasanya mereka hidup membaur dengan masyarakat.

Tugas mereka mendengarkan keluhan-keluhan yang ada di masyarakat. Nantinya disampaikan kepada tugas terkait. Mereka juga biasanya menginvestigasi tindak kejahatan.

Baca Juga: Dulu Nyamar Jadi Tukang Bakso, Intel Ini Sukses Jadi Penjual Bakso Beneran!

Karena hidupnya harus membaur dengan masyarakat, seorang intel harus pandai menyamar. Beberapa kali masyarakat dihebohkan dengan penjual bakso atau makanan lain yang diduga seorang intel. Karena mereka membawa walkie talkie saat sedang berjualan.

Penyamaran intel ini sulit dibedakan antara asli dan yang palsu. Lantas Polsek Cilandak membuat gambaran soal gaya intel yang sedang menyamar sebagai tukang bakso. Gambaran ini diungkapkan lewat akun Instagram @polsek.cilandak (15/12).

Dalam gambar tersebut, seorang intel digambarkan sebagai sosok yang sangat sederhana. Ia menggunakan kaos polos yang tampak lusuh.

Menggunakan peci sebagai penutup kepala, dan membawa nampan berisikan semangkuk bakso serta satu botol air minum. Di bagian depan celananya digantungkan walkie talkie dan kantong belakang terdapat senjata api.

Para intel ini juga biasanya dilengkapi dengan kartu identitas serupa KTP namun palsu. Karena memang dikhususkan untuk penyamaran.

Dalam unggahannya tersebut, Polsek Cilandak juga menuliskan keterangan. "Cek kalau tiba-tiba di rumah ada tukang bakso atau tukang nasi goreng, jangan-jangan.." tulis mereka di akun Instagram @polsek.cilandak (15/12).

Menanggapi hal tersebut, banyak netizen berkomentar pada unggahan tersebut. Netizen-netizen ini malah bingung kenapa Polsek Cilandak itu mengungkapkan gaya seorang intel saat sedang menyamar jadi tukang bakso.

"Dibongkar dong wkwk," komentar netizen.

"Lah malah dikasih tau sih, piye pak?" sahut netizen lain.

"Kocak, malah membuka penyamaran sendiri," tulis netizen lainnya.

Seorang netizen meninggalkan komentar lucu perihal keahlian memasak seorang intel saat sedang menyamar jadi penjual makanan.

"Tolong dibekali kursus memasak sebelum terjun ke lapangan, soalnya penyamarannya gampang ketauan karena masakannya hambar atau keasinan. Tapi tetap dagang tiap hari ngga bangkrut," tulis netizen itu.

Baca Juga: Viral Kisah Penjual Bakso Eks Intel Ternyata Fiktif, Ini Cerita Sebenarnya



Simak Video "Prosesor Cepat dan Tepat Buat di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com