7 Tips Menata Dapur Minimalis yang Sempit Agar Rapi

Tim Detikfood - detikFood Minggu, 13 Des 2020 10:30 WIB
moscow mule in highball glass with lime. Foto: Istimewa
Jakarta -

Peralatan dapur jumlahnya tak sedikit. Supaya tak tampak semrawut, peralatan harus ditata dengan baik. Terlihat rapi tanpa memakan tempat.

"Dapur yang terorganisir membantu Anda merasa lebih nyaman menyiapkan makanan untuk Anda dan keluarga," kata organizer profesional bersertifikat, Ellen Delap, dikutip dari Healthline.

Dengan banyaknya peralatan masak, bukan tidak mungkin membuat para ibu yang memiliki dapur sempit kebingungan untuk menaruh berbagai peralatan. Jika sudah begini biasanya peralatan dapur akhirnya disimpan di mana saja.

Namun mereka yang punya dapur sempit di rumah minimalis tak perlu khawatir. Ada cara tepat menata peralatan dapur sehingga efisien tempat.

Caranya bisa dengan mengubah dinding yang kosong menjadi unit penyimpanan vertikal, taruh sodet, dan berbagai jenis lainnya di dalam wadah lalu gantung di dinding.

Selain itu, masih ada berbagai cara lainnya. Berikut ini 7 tips menata peralatan dapur di rumah minimalis yang sempit, seperti direkomendasikan The Spruce.

moscow mule in highball glass with lime.7 Tips Menata Dapur Minimalis yang Sempit Agar Rapi. Foto: Istimewa

1. Manfaatkan dinding untuk penyimpanan


Anda bisa memanfaatkan dinding kosong di dapur rumah minimalis sebagai tempat menyimpan peralatan memasak. Beli rak gantung atau wadah lainnya yang dapat dipasang di dinding.

Lalu coba taruh beberapa peralatan seperti sodet dan sendok dalam wadah tersebut. Wadah yang digunakan memang bisa apa saja, asalkan peralatan bisa masuk ke dalamnya. Untuk ukurannya, dapat disesuaikan dengan tempat yang tersedia.

Pastikan Anda telah memasang kait yang kuat di dinding. Supaya kuat menahan berat dari wadah berisi peralatan dapur yang diletakkan di sana.

2. Berkreasi dengan rak dapur

Rak dapur masih bisa dimaksimalkan. Kalau biasanya rak dapur hanya berisi piring atau peralatan lain, Anda dapat mencoba menatanya agar muat lebih banyak.

Kalau mau, Anda bisa memesan rak dengan ukuran khusus buat dapur. Buatlah rak itu dalam posisi vertikal agar tidak memakan banyak tempat. Pilihlah bahan yang kuat agar rak tidak mudah rusak.

Kemudian, letakkan rak itu di sudut ruang dapur, dekat kompor, maupun di ujung lemari lainnya. Dapur pun akan terlihat lebih rapi dan lega.

3. Buatlah dinding dengan papan tulisan

Cara selanjutnya terbilang unik. Buat mereka yang bosan dengan gaya dapur itu-itu saja, coba saja hiasi dinding dengan papan tulisan.

Papan ini bukan tanpa manfaat. Bisa dipakai untuk tuliskan berbagai macam daftar belanjaan serta menu makan harian di sana. Hal ini akan membuat dapur terlihat lebih nyata, sesuai fungsinya.

Kalau bingung mau masak apa, tinggal tengok saja papan tulis yang sudah dipenuhi dengan inspirasi pilihan menu. Lalu tinggal cek contek resepnya.

4. Bagi laci dalam beberapa bagian

Meskipun sudah menaruh peralatan dapur dengan rapi di dalam laci, bukan berarti terhindar dari kemungkinan berantakan. Laci tentu sering dibuka tutup buat mengambil peralatan.

Lama kelamaan, isi laci bisa berantakan kalau memang barang-barang tertentu sulit dijangkau dan akan mengalami kesulitan dalam mencarinya lagi dan membereskannya.

Maka sebaiknya bagi laci dalam beberapa bagian dengan pemisah khusus. Kumpulkan peralatan sejenis untuk ditaruh di satu bagian laci. Lakukan sampai peralatan rapi di dalam laci, serta mudah diambil.

Untuk tips selanjutnya bisa dibaca DI SINI !



Simak Video "Tips Ampuh Bersihkan Dapur Biar Nggak Jadi Sarang Virus Corona!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com