Kentang Goreng McD Jepang Diprotes Gegara Rasanya Mirip Kosmetik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 13 Des 2020 18:00 WIB
Basket of French Fries-Photographed on Hasselblad H3D2-39mb Camera Foto: iStock
Jakarta -

Kentang goreng McD Jepang tengah jadi perbincangan netizen di sana. Mereka bilang rasa kentang goreng aneh, mirip seperti kosmetik. Wah, apa ya penyebabnya?

McDonald's (McD) merupakan restoran fast food berjaringan global yang populer di dunia, termasuk Jepang. Banyak menu enak McD yang selalu dicari penikmatnya.

Selain burger dan es krim yang terkenal, kentang goreng (french fries) McD juga punya banyak penggemar. Teksturnya garing di luar dan lembut di dalam.

Biasanya kentang goreng McD juga dibumbui garam sesaat setelah matang sehingga terasa gurih enak. Tapi baru-baru ini, kentang goreng McD Jepang dapat sorotan.

Dikutip dari Sora News 24 (11/12), kentang goreng kemasan medium di negeri sakura disebut-sebut alami perubahan aroma dan rasa.

Kentang Goreng McD Jepang Diprotes Gegara Rasanya Mirip KosmetikKentang Goreng McD Jepang Diprotes Gegara Rasanya Mirip Kosmetik Foto: SoraNews24

Aroma kentang goreng seperti berbau busuk. Kemudian seperti ada rasa aneh yang berasal dari kemasan kentang goreng.

Hal ini lantas jadi perbincangan netizen Jepang di Twitter. Mereka memberikan banyak kritik. "Ada apa dengan McD belakangan ini? Kentang gorengnya terasa aneh... apakah ini parfum? Apakah rempah??? Seperti, apa?," ujar seorang netizen.

Baca Juga: Tips Gampang Bikin Kentang Goreng ala McD

Banyak juga yang menyebut aroma dan rasa kentang goreng McD Jepang seperti kosmetik. "Aromanya seperti krim kulit Nivea," kata netizen.

Netizen lain mengomentari, "Ketika saya mencium kentang goreng McD Jepang, aromanya seperti kosmetik." Netizen lantas beranggapan pasti ada perubahan dari McD dalam proses pembuatan kentang goreng mereka.

Biasanya sebuah perusahaan, termasuk restoran akan menginformasikan pada pelanggan jika mereka membuat perubahan untuk produknya. Bisa melalui media sosial atau situs resmi perusahaan.

kentang gorengKentang Goreng McD Jepang Diprotes Gegara Rasanya Mirip Kosmetik Foto: iStock

Karena 'dibombardir' dengan kritik netizen di media sosial, pihak McD Jepang akhirnya buka suara. Mereka menegaskan tidak mengubah resep kentang goreng, tetapi mereka mengganti lapisan pada kemasan karton yang digunakan untuk mengemas kentang goreng ukuran sedang.

Lapisan baru itu memunculkan aroma busuk pada kentang goreng McD Jepang, hingga mempengaruhi rasanya. McD Jepang juga bilang lapisan itu tidak berbahaya untuk kesehatan karena sudah memenuhi standar keamanan pangan.

Hanya saja karena kritik terus membanjiri mereka. McD Jepang pun putuskan berhenti menggunakan lapisan tersebut.

Tak diketahui alasan pasti di balik keputusan penggantian lapisan kemasan. Namun banyak orang menduga ini terkait pemotongan biaya di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ini Resep Rahasia Kentang Goreng a la Fast Food yang Gurih Crispy

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com