8 Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak, Renyah dan Gurih!

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 13 Des 2020 07:00 WIB
8 Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak, Renyah dan Gurih! Foto: Getty Images/fcafotodigital
Jakarta -

Roti panggang keju bisa jadi ide menu sarapan istimewa. Ada tips bikin roti panggang keju enak yang teksturnya renyah dan gurihnya pas!

Roti merupakan sumber karbohidrat selain nasi yang mengenyangkan. Menikmati roti saat sarapan jadi pilihan yang tak kalah lezat dengan nasi goreng.

Roti bisa dikreasikan menjadi ragam menu, salah satunya roti panggang. Baik di pagi maupun malam hari, roti panggang selalu cocok disantap.

Roti panggang bisa dibuat dengan berbagai isian sesuai selera dengan yang paling populer adalah keju. Kreasi roti panggang keju juga kerap disebut grilled cheese sandwich.

Bagian luar roti yang kering akan sangat lezat jika digabungkan dengan lembutnya keju leleh pada bagian isi roti.

Ternyata untuk hasilkan roti panggang keju yang sempurna, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Mulai dari memilih roti hingga komposisi isian.

Berikut 8 tips bikin roti panggang keju enak, seperti dilansir dari Today (8/12):

1. Pilih Roti

Menggunakan roti yang tepat akan membuat roti panggang keju makin enak. Pilih roti berkualitas baik dari bakery. Jenisnya bisa berupa roti gandum, rye, sourdough, atau bahkan jenis roti manis seperti yang ditambahkan kayu manis.

Hindari irisan roti yang terlalu tebal karena akan mempersulit keju mencair. Hindari juga roti yang memiliki banyak lubang karena akan membuat keju yang jadi isiannya meleleh keluar roti.

Selain itu, pilih roti yang masa simpannya sudah mau habis atau mendekati masa kedaluwarsa. Pasalnya saat lemak dari keju meleleh, lemak itu akan mengembalikan kesegaran roti.

2. Coba Pakai Mayonaise

8 Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak, Renyah dan Gurih!8 Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak, Renyah dan Gurih! Foto: Getty Images/fcafotodigital

Biasanya roti panggang keju dibuat dengan cara memberi olesan mentega pada bagian luar roti sebelum menempatkannya di wajan. Olesan mentega ini tujuannya memberikan lebih banyak rasa pada roti terutama jika dioleskan pada kedua sisi.

Namun sebenarnya ada yang lebih baik dari mentega untuk berikan rasa dan kelembaban pada roti. Coba beri lapisan tipis mayones pada permukaan roti. Mayo berfungsi sama dengan mentega, bahkan lebih baik. Penggunaan mayones pada roti panggang keju juga dinilai lebih cocok dengan rasa dan tekstur keju nantinya.

Baca Juga: Cukup 3 Bahan Bisa Bikin Roti Panggang Keju dan Bawang yang Renyah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com