6 Waktu yang Tepat Minum Teh Hijau agar Manfaatnya Maksimal

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 11 Des 2020 06:00 WIB
6 Waktu yang Tepat Minum Teh Hijau agar Manfaatnya Maksimal Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov
Jakarta -

Teh hijau merupakan minuman kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan. Berikut waktu yang tepat minum teh hijau untuk mendapat manfaat maksimal.

Teh hijau berasal dari Camellia Sinensis yaitu tanaman yang banyak mengandung antioksidan, kafein, dan asam amino. Camellia sinensis juga mengandung beberapa vitamin, mineral dan serat.

Antioksidan terpenting dalam teh hijau adalah katekin yang disebut EGCg dan terkandung dalam jumlah yang banyak. Tidak seperti teh hitam atau oolong, teh hijau tidak melalui tahap oksidasi.

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau membantu cegah kanker hingga penyakit kardiovaskular. Teh hijau juga memiliki efek antiinflamasi, antiartritik, antibakteri, antiangiogenik, antioksidatif, antivirus, neuroprotektif, dan penurun kolesterol.

Para peneliti melihat manfaat sehat teh hijau bisa didapat dari konsumsinya dalam periode jangka panjang, alih-alih hanya sesekali saja. Selain itu, ada waktu-waktu yang disarankan untuk mengonsumsi teh hijau.

Berikut ini waktu yang tepat minum teh hijau menurut Simple Loose Leaf (21/8):

1. Saat Pagi dan Malam Hari

6 Waktu yang Tepat Minum Teh Hijau agar Manfaatnya Maksimal6 Waktu yang Tepat Minum Teh Hijau agar Manfaatnya Maksimal Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov

Teh hijau adalah minuman yang bagus dikonsumsi pagi hari. Teh hijau mengandung cukup kafein untuk memberi dorongan energi. Tidak seperti kopi, teh hijau mengandung asam amino L-theanine, yang mencegah kelebihan kafein dan memberi energi sepanjang hari.

Teh hijau juga bisa diminum malam hari. Beberapa jenis teh hijau memiliki lebih banyak kafein daripada teh hitam. Untuk konsumsi teh hijau di malam hari perlu memperhatikan jenisnya. Pilihan yang terbaik adalah jenis teh hijau dari daun yang lebih tua atau yang dipanggang, seperti kyo bancha, hojicha atau kukicha.

Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Diet, Begini Aturan Minumnya

2. Teh Hijau Untuk Kurangi Berat Badan

Jika tujuan minum teh hijau untuk menurunkan berat badan, maka waktu yang tepat minum teh hijau adalah sebelum berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa EGCG dikombinasikan dengan kafein yang dikonsumsi 90 menit sebelum berolahraga secara signifikan meningkatkan tingkat oksidasi lemak selama olahraga.

Pilih teh hijau dengan jumlah EGCg yang lebih tinggi. Gunakan air bersuhu tinggi dan waktu seduhan yang lebih lama untuk mengekstrak lebih banyak kafein dan EGCg. EGCg dan kafein memiliki rasa yang pahit namun ampuh untuk bantu turunkan berat badan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nikmatnya Menyeduh Teh, Medan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com