Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di 'Start Up'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Des 2020 11:00 WIB
Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di Start Up Foto: Getty Images/iStockphoto/IgorDutina
Jakarta -

Corn dog identik dengan drama Korea Selatan, Start Up. Hal ini lantaran nenek Seo Dal Mi diceritakan berjualan corn dog.

Corn dog jadi bagian dalam alur cerita drama Start Up yang diperankan Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, hingga Kim Seon-ho ini. Pasalnya karakter nenek Bae Suzy (Seo Dal Mi) yang diperankan Kim Hae-sook berjualan cemilan ini.

Awalnya nenek Seo Dal Mi membuka gerai corn dog sederhana, kemudian beralih jadi food truck, hingga akhirnya punya kafe yang lebih nyaman. Corn dog ini jadi salah satu makanan favorit karakter Han Ji-pyeong (Kim Seon-ho).

Sebenarnya apa itu corn dog? Dikutip dari Eater (7/12), corn dog adalah hot dog, cheese stick, atau kombinasi keduanya yang disajikan dengan tusukan. Tapi kreasi yang paling umum ialah sosis berbalut adonan tebal.

Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di 'Start Up'Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di 'Start Up' Foto: Getty Images/iStockphoto/IgorDutina

Adonan corn dog dibuat dari bahan seperti tepung terigu, tepung jagung, dan baking powder. Hasilnya adonan ini tebal dengan tekstur empuk. Kemudian corn dog digoreng lalu dinikmati dengan tambahan mustard dan saus tomat.

Baca Juga: Mau Ngemil Corn Dog? Beli Online Saja di 5 Tempat Ini

Spoon University (7/12) menyebut istilah corn dog dipatenkan tahun 1927 oleh Stanley S. Jenkins, namun sayangnya asal-usul pasti siapa penemunya masih diperdebatkan. Salah satunya menyebut corn dog ditemukan tahun 1942 di acara Minnesota State Fair, Amerika Serikat.

Corn dog populer sebagai jajanan kaki lima di Korea Selatan, meski ada juga kreasi serupa di Amerika Serikat. Di Texas bahkan ada acara The Texas State Fair yang bisa menjual 630 ribu buah corn dog setiap diadakan selama 24 hari.

Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di 'Start Up'Ini Camilan Corn Dog yang Dijual Nenek Seo Dal Mi di 'Start Up' Foto: Getty Images/iStockphoto/IgorDutina

Kemudian seiring waktu, muncul variasi corn dog di mana bagian luar adonannya ditambahkan kentang goreng hingga remahan mie goreng. Lalu di dalam corn dog diberi keju mozarella sehingga ada sensasi mulur yang memikat selera.

Corn dog versi ini sekarang banyak dijajakan di Indonesia. Kalau tertarik mencicipi corn dog enak, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa penjual corn dog yang bisa kamu sambangi.

Salah satunya Samjin Amok di Central Park. Di sini corn dog menggunakan adonan tepung dengan cita rasa ikan. Isiannya ada sosis atau keju mozarella, lalu lapisan luarnya menggunakan kentang, tepung, roti, dan juga mie yang telah dihancurkan.

Baca Juga: Di Sini Bisa Ngemil Corn Dog, Jajanan Korea Hits yang Bikin Kenyang

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com