Ketahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung Ditangkap

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 03 Des 2020 19:00 WIB
Ketahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung Ditangkap Foto: Juice Online
Jakarta -

Bukan menerima sogokan uang atau benda berharga lainnya. Polisi yang satu ini justru ditangkap karena ketahuan menerima sogokan berupa bawang.

Kasus suap marak terjadi di mana saja. Polisi sering menjadi target suap agar orang-orang mendapatkan apa yang mereka mau. Tapi ternyata sogokan tak hanya berupa uang atau benda berharga saja.

Baca Juga: Terbukti Menerima Suap, Mantan Penguji Makanan Dipenjara

Salah satu anggota polisi di Senawang, Malaysia contohnya. Polisi ini diketahui menerima sogokan berupa dua karung bawang.

Ketahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung DitangkapKetahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung Ditangkap Foto: Juice Online

Dilansir dari Juice (03/12), kejadian bermula dari ketika polisi ini menerima kiriman dua karung bawang. Bawang ini ia dapatkan sebagai suap atau sogokan, dari seorang petugas pengiriman yang melanggar peraturan pembatasan sosial atau CMCO.

Setelah polisi ini mendapatkan dua karung bawang, petugas pengiriman itu malah melaporkannya ke pihak kepolisian. Mendapatkan informasi ini tentu saja pihak kepolisian langsung menindak tegas.

Menurut kronologi dari petugas pengiriman. Awalnya truk yang dikendarainya diberhentikan sebelum pintu keluar toll Senawang. Kejadiannya terjadi pada siang hari.

"Seorang anggota polisi meminta kelengkapan surat-surat dari pengendara truk ini. Setiap truk wajib menunjukkan surat jalan dari perusahaan atau pemilik barang. Karena pengendara ini tidak bisa menunjukkan surat-surat tersebut, akhirnya ia harus membayar sejumlah denda," jelas Mohd Said Ibrahim, selaku perwakilan dari kepolisian Senawang.

Ketahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung DitangkapKetahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung Ditangkap Foto: Juice Online

Namun alih-alih membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Polisi ini malah meminta dua karung bawang sebagai ganti biaya denda dari tilang ini.

Merasa tak terima dengan permintaan tersebut, akhirnya petugas pengiriman itu melaporkannya ke polisi.

Kini sang anggota polisi sudah diamankan. Menurut hukum yang berlaku kasus suap ini tengah diselidiki berdasarkan Pasal 348 KUHP untuk pemerasan.

Ketahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung DitangkapKetahuan Disogok Pakai Bawang, Polisi Ini Langsung Ditangkap Foto: Juice Online

Jika polisi ini terbukti bersalah, ia terancam dipenjara selama 10 tahun. Membayar sejumlah denda atau dicambuk sebagai hukumannya.

"Kami akan melakukan investigasi menyeluruh dan tidak ada kompromi meskipun yang ditangkap adalah anggota kepolisian," pungkas Ibrahim.

Aksi sogok dengan makanan seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya pria bernama Syafiq yang menemukan seorang pria mesum mengintipnya lewat jendela kamarnya.

Pria itu meminta Syafiq Agar di boleh masuk. Bahkan pria menyeramkan tersebut sempat menyogoknya dengan ayam goreng, agar diperbolehkan masuk.

Baca Juga: Sogok Pakai Ayam Goreng, Pria Ini Paksa Masuk Ke Jendela Kamar



Simak Video "Masak Masak: Resep Minyak Bawang Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)