Mulia! Ibu Ini Pilih Jadi Pengantar ASI Usai Sumbang 190 Liter ASI

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 01 Des 2020 16:30 WIB
Mulia! Ibu Ini Pilih Jadi Pengantar ASI Usai Sumbang 190 Liter ASI Foto: Mercury Press
Jakarta -

Kelebihan stok air susu ibu (ASI) membuat wanita ini bisa sumbang 190 liter ASI miliknya. Tak hanya itu, sekarang ia pilih jadi pengantar ASI untuk membantu sesama ibu.

Julukan 'supermom' sepertinya pantas diberikan untuk Leanne Forbes, seorang ibu 29 tahun asal Devon, Inggris. Ia sudah menyumbangkan sekitar 190 liter ASI untuk 'bank ASI' di sekitar wilayahnya tinggal usai berhenti menyusui anak terakhirnya.

Leanne mengaku senang bisa mendonorkan ASI-nya, bahkan kini ia putuskan jadi relawan pengantar ASI. Leanne bertugas mengumpulkan ASI dari para donor kemudian mendistribusikan ASI tersebut pada ibu-ibu yang membutuhkan.

Dikutip dari Metro (30/11), kini ibu 4 anak ini bisa mengumpulkan bergalon-galon ASI. Nantinya ASI diprioritaskan untuk diberikan pada ibu menyusui baru atau yang tengah berjuang dengan segala permasalahannya dalam memberikan ASI.

Mulia! Ibu Ini Pilih Jadi Pengantar ASI Usai Sumbang 190 Liter ASIMulia! Ibu Ini Pilih Jadi Pengantar ASI Usai Sumbang 190 Liter ASI Foto: Mercury Press

"Semua orang berpikir saya gila saat saya bilang pekerjaan saya seperti 'milkman' tapi versi ASI. Saya kenal banyak wanita di sekitar saya karena sering pergi ke alamat yang sama setiap saat," ujar Leanne.

Baca Juga: Salut! Ibu Ini Sumbangkan ASInya Untuk 20 Keluarga di Inggris

Ia merasa pekerjaannya sangat spesial sekaligus emosional. "Begitu banyak ibu yang melalui perjalanan atau kesulitan mereka sendiri (dalam memberikan ASI) dan saya dapat ikut membantu mereka," sambungnya.

Leanne yang berdomisili di Barnstaple ini awalnya tidak terpikir untuk mendonasikan ASI miliknya. Namun suatu hari seorang bidan merekomendasikan Leanne untuk mencobanya.

Ia sendiri punya pengalaman pahit saat memberikan ASI dulu. Leanne pernah alami masalah mental dan fisik saat menyusui dua anak pertamanya. Ia terpaksa berhenti menyusui saat usia bayinya masih 6 bulan dan berakhir memberikan susu formula.

Lalu pada dua anaknya yang terakhir, produksi ASI Leanne ternyata melimpah. Ia bahkan berkesempatan menyusui Henry dan Poppy sampai satu tahun. Untuk sisa ASI, Leanne meminta saran pada bidan mengenai pemanfaatannya.

Leanne kemudian tertarik jadi relawan pengantar susu sejak Juli lalu. Ia merencanakan semua waktu pengumpulan dan pengantaran ASI sendiri guna menjaga kualitas susu tetap segar. Leanne pun berpatokan pada prinsip jendela waktu 5 jam.

Mulia! Ibu Ini Pilih Jadi Pengantar ASI Usai Sumbang 190 Liter ASIMulia! Ibu Ini Pilih Jadi Pengantar ASI Usai Sumbang 190 Liter ASI Foto: Mercury Press

Ia akan menaruh semua stok ASI di boks freezer yang ada di bagasi mobilnya. Kemudian ia mengantarkannya ke Healthy Baby Hub di Tiverton dimana semua ASI akan disimpan dalam keadaan beku sampai dapat dipasteurisasi dan didistribusikan ke bayi-bayi prematur yang membutuhkan.

"Saya sudah menyumbangkan total 190 liter ASI dan rasanya istimewa untuk melakukan itu," ujar Leanne. Ia menambahkan, "Ketika saya selesai (menyumbangkan ASI), saya tidak ingin berhenti membantu, saya merasa perlu terus melakukan sesuatu."

Akhirnya Leanne membuat jaringan pertemanan di komunitas bank ASI. "Ini sangat bermanfaat dan saya merasa sangat beruntung bisa melakukannya," pungkas Leanne.

Baca Juga: Produksinya Berlimpah, Seorang Ibu Sumbangkan 2,5 Ton ASI-nya!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com