Kirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati Idolanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 30 Nov 2020 14:30 WIB
Kirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati Idolanya Foto: Instagram gold_support
Jakarta -

Artis Korea Selatan sering pamer pose di depan coffee truck. Mereka mendapatkannya dari teman atau fans sebagai wujud cinta. Sebenarnya apa sih coffee truck?

Bagi kamu penggemar artis Korea Selatan pasti sudah tak asing dengan coffee truck. Pasalnya mereka sering berfoto di depan coffee truck saat di lokasi syuting.

Tak jarang, coffee truck itu dihiasi foto diri mereka dalam ukuran sangat besar. Juga disertai pernak-pernik lain bertemakan wajah atau sosok artis tersebut.

Lantas sebenarnya apa sih coffee truck? Dilansir dari Metro Style (26/6), coffee truck adalah tren besar di industri hiburan Korea dimana seorang artis Korea akan mendapat kiriman coffee truck dari teman atau fansnya. Semua ini adalah bentuk pemberian semangat pada sang artis.

Kirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati IdolanyaKirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati Idolanya Foto: Instagram gold_support

Tradisi mengirimi coffee truck sudah menjadi budaya yang berlangsung lama di Korea Selatan. Biasanya coffee truck dikirimkan langsung ke lokasi syuting atau kerja si artis. Pengirim coffee truck juga bisa menyelipkan berbagai pesan positif untuk artis idolanya melalui coffee truck.

Beberapa yang sering dipakai adalah kalimat "terima kasih", "selamat", "semoga berhasil", dan "fighting" yang merupakan kata-kata semangat khas orang Korea. Umumnya para artis akan mengapresiasi pemberian coffee truck ini dengan berpose di depannya.

Netizen TikTok inezunnie belum lama ini juga membahas coffee truck. Ia senang melihat para pemain drama Start-Up yang tengah hits, mendapat banyak kiriman coffee truck.

"Coffee truck fungsinya untuk mendukung rekan kerja atau mendukung teman. Contohnya Kim Soo Hyun pernah kirim coffee truck buat IU. Coffee truck ini nantinya bisa dinikmati sama seluruh artis atau pemeran yang ada di drama tersebut, dan seluruh staf yang ada," kata Inez.

Di video selanjutnya ia juga menjelaskan soal pemanfaatan fasilitas coffee truck. Apakah si artis atau staf yang mau coba harus bayar? Jawabannya, tidak karena coffee truck ini sudah dibayar pengirim. Sehingga siapapun yang mau makanan atau minuman dari coffee truck itu bisa ambil gratis.

Kirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati IdolanyaKirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati Idolanya Foto: Instagram gold_support

Inez juga mengungkap salah satu penyedia jasa coffee truck atau food truck yang paling ngetop di Korea. Namanya Gold Support yang sudah mengirimkan banyak coffee truck ke artis-artis top Korea Selatan.

Tak hanya kopi, Gold Support juga menawarkan banyak pilihan camilan untuk disediakan di coffee truck. Diantaranya corn dog, oden, tteokbokki, dan aneka dessert.

Baca Juga: Skor Sama! Giliran Lee Dong Wook yang Kirim Coffee Truck Untuk Gong Yoo

"Buat harganya, macem-macem. Pemesanan minimal untuk makanan itu 600 ribu won atau sekitar Rp 7,5 juta. Dan ada biaya buat ongkos kirim juga," kata Inez. Biaya yang dimaksud adalah 50 ribu won atau sekitar Rp 637 ribu untuk wilayah Seoul.

Lalu jika coffee truck mau standby lebih dari dua jam di lokasi juga harus membayar biaya tambahan. Coffee truck bisa tersedia selama beberapa jam hingga seharian.

"Belum lagi kalau nanti ada custom-custom buat bannernya. Jadi silakan dihitung sendiri ya kira-kira biaya mau kirim coffee truck berapa," pungkas Inez. Dia mengkalkulasikan sekitar 1 juta won (Rp 12 juta) untuk tiap mengirim coffee truck yang paling murah.

Kirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati IdolanyaKirimi Coffee Truck, Wujud Cinta Fans Korea untuk Semangati Idolanya Foto: Instagram gold_support

Melihat fakta ini, banyak netizen TikTok tercerahkan sekaligus tercengang dengan harga coffee truck yang sering didapat artis Korea. "First time aku liat truck kek gini di postingan artis korea, aku pikir mereka jualan," kata seorang netizen.

"Berarti Sehun ngirim 5 foodtruck buat Suho itu berapa yaaa," tanya seorang netizen. Ada juga yang memberi komentar kocak, "Kalo di Indo cukup ngirim kang cilok." Nah, bagaimana kalau pendapatmu?

Baca Juga: Kim Seon Ho, Bos Tampan di 'Start-Up' yang Bahagia Dapat Coffee Truck

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com