Kafe Jamu yang Tawarkan Jamu Kekinian, Dijamin Segar Sehat!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 28 Nov 2020 15:00 WIB
Kafe Jamu yang Tawarkan Jamu Kekinian, Dijamin Segar Sehat! Foto: detikFood
Jakarta -

Kafe jamu ini bisa disambangi untuk bersantai sambil menyeruput minuman jamu kekinian. Disebut demikian karena jamu dipadukan berbagai bahan modern, bahkan diseduh layaknya kopi!

Jamu identik sebagai minuman tradisional yang ditawarkan penjual gendong atau di warung-warung kaki lima, tapi kini jamu bertransformasi menjadi lebih modern. Buktinya muncul banyak kafe jamu kekinian di Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia.

Kafe jamu ini menghadirkan suasana yang lebih nyaman untuk menikmati secangkir jamu hangat maupun dingin. Selain itu, kafe jamu biasanya membuat inovasi yang membuat jamu seolah 'naik kelas'. Misalnya jamu yang diseduh dengan alat-alat manual brew layaknya di coffee shop.

Lalu ada juga kafe jamu yang meracik jamunya seperti mocktail. Penyajiannya menggugah selera dengan paduan rasa unik. Tak ketinggalan jamu kekinian yang sifatnya praktis. Dikemas dalam cup modern hingga botol literan.

Kalau kamu penggemar jamu, sebaiknya tidak melewatkan 5 kafe jamu yang punya jamu kekinian ini. Berikut detikFood merangkum informasinya:

1. Acaraki

Kafe Jamu yang Tawarkan Jamu Kekinian, Dijamin Segar Sehat!Kafe Jamu yang Tawarkan Jamu Kekinian, Dijamin Segar Sehat! Foto: detikFood

Kafe jamu ini ada di Gedung Kertaniaga, tepat di sebelah Museum Fatahillah kawasan Kota Tua Jakarta dan di Kemang. Acaraki menghadirkan suasana bersantap yang modern dan nyaman. Adapun nama Acaraki merujuk pada sebutan untuk orang yang ahli meracik jamu.

Di Acaraki, jamu diberi sentuhan kekinian dengan teknik penyeduhan manual brew seperti di coffee shop. Beberapa menu yang bisa dicoba adalah Kunyit Asam Tubruk, Beras Kencur Saring, dan Saranti.

Kunyit Asem Tubruk diseduh menggunakan gelas French press. Caranya dengan memasukkan bubuk kunyit asem lalu menambahkan air panas ke dalamnya. Racikan ini harus ditunggu setidaknya 4 menit sebelum bisa dinikmati.

Baca Juga: Acaraki: Sensasi Unik Minum Jamu yang Diseduh dengan Teknik Manual Brew

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com