Anak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie Instan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 27 Nov 2020 10:30 WIB
Anak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie Instan Foto: TikTok anakretailkakilima
Jakarta -

Anak kos biasanya makan mie instan sehari-hari karena harganya murah. Tapi anak kos ini buktikan menu makanan sehat bisa lebih murah ketimbang beli mie instan.

Dengan kondisi keuangan terbatas, anak kos identik memilih menu makanan yang 'ngirit'. Prinsipnya adalah perut bisa kenyang dengan harga semurah mungkin. Tak heran banyak dari mereka yang mengandalkan mie instan.

Mie instan bahkan bisa jadi makanan sehari-hari, entah untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Dengan harga Rp 3 ribuan saja, makan mie instan sudah bikin anak kos kenyang. Padahal dari sisi kesehatan, konsumsi mie instan terlalu sering juga tidak baik.

Anak kos sekaligus pemilik akun TikTok anakretailkakilima coba menunjukkan kalau makan murah tak harus dengan mie instan. Memilih menu makanan sehat juga bisa dengan bujet terbatas.

Anak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie InstanAnak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie Instan Foto: TikTok anakretailkakilima

"Asal punya kulkas, aman deh..." tulisnya sebagai judul keterangan video pada September lalu. Ia membandingkan, harga mie instan untuk makan 3 kali sehari selama sebulan adalah Rp 2.700 x 3 x 30 = Rp 243.000.

Lalu untuk makan sehat, ia membeli sumber protein berupa 1 kg ayam (Rp 32.000), tempe (Rp 2.000), telur 1 kg (Rp 30.000), dan tahu (Rp 5.000). Sementara sayurnya memakai kembang kol (Rp 8.000), sawi (Rp 3.000), dan tomat (Rp 2.000).

Baca Juga: Ratusan Netizen Curhat Soal Makan Hemat Saat Jadi Anak Kos

Anak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie InstanAnak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie Instan Foto: TikTok anakretailkakilima

Juga sawi putih (Rp 2.000), selada (Rp 2.000), jagung manis (Rp 4.000), timun (Rp 5.000), dan wortel 1 kg (Rp 9.000). Terlihat ukuran sayuran yang ia beli lumayan banyak, sekitar seikat atau seplastik sedang.

anakretailkakilima bahkan juga menyetok buah. Ada 1 kemasan strawberry (Rp 10.000), 1 kg jeruk (Rp 10.000), 1 kg apel (Rp 25.000), dan 1 kg pir (Rp 20.000). Untuk bumbunya ia mengalokasikan bujet Rp 25.000 untuk sebulan.

Bumbu andalannya adalah salad dressing kemasan, saus tiram, saus sambal, hingga bumbu dapur bubuk lainnya. "Hasilnya, total Rp 194 ribu/bulan dapat gizi lengkap," kata anakretailkakilima.

Terlihat ia membuat berbagai kreasi makanan sehat seperti telur dadar, cap cay, hingga salad ala rumahan. "BTW itu menu diet ya. Kalo mau pake nasi, nambah Rp 60.000 an," katanya di keterangan video.

Anak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie InstanAnak Kos Buktikan Makan Sehat Bisa Lebih Murah dari Makan Mie Instan Foto: TikTok anakretailkakilima

Rancangan menu makanan sehat murah meriah ala anak kos ini mendapat banyak tanggapan. Ada yang merasa terinspirasi, namun ada pula yang meragukan hitungan harga-harga bahan makanan yang dipakai anakretailkakilima

"Maaf kak itu harga pulau Jawa kan, kalo di Kalimantan strawberry semika 50 ribu kak," kata seorang netizen. Kemudian anakretailkakilima menjawab kalau dirinya tinggal di Jawa.

"Yakali itu dipake sebulan, keburu busuk. Kalau seminggu masih masuk akal," sahut netizen lain. anakretailkakilima pun menjawab ia bisa menyimpan semua bahan makanannya dengan awet karena masuk kulkas.

Baca Juga: Pesan Dokter untuk Anak Kos yang Tiap Tanggal Tua Makannya Mi Instan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com