Baru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu Ikan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 27 Nov 2020 16:30 WIB
Baru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu Ikan Foto: PR Times/SoraNews24
Jakarta -

Banyak minuman ringan dengan rasa unik yang bisa ditemukan di Jepang. Salah satunya yang terbaru minuman ringan dengan rasa kaldu ikan yang umami.

Tak sulit untuk menemukan makanan dan minuman unik di Jepang. Negara yang satu ini terkenal dengan mesin penjual otomatis atau vending machine. Alat ini menyediakanberbagai jenis makanan dan minuman yang tak bisa ditemukan di negara lain.

Baca Juga: Sambut Musim Semi, Coca-Cola Jepang Rilis Botol Cantik Bertema Sakura

Seperti minuman ringan dengan rasa kaldu ikan yang baru saja diluncurkan Coca-Cola Jepang. Minuman dengan nama 'Go: Good' ini merupakan hasil kolaborasi Coca-Cola Jepang dengan Kikkoman, perusahaan makanan Jepang yang menjual kecap asin.

Baru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu IkanBaru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu Ikan Foto: PR Times/SoraNews24

Dilansir dari SoraNews24 dan Japantoday (26/11), minuman yang satu ini berbeda dari produk Coca-Cola pada umumnya. Go: Good lebih fokus menonjolkan rasa dashi atau kaldu ikan yang dikemas sebagai minuman ringan.

Dashi sendiri merupakan kaldu yang biasanya digunakan untuk memasak berbagai hidangan khas Jepang. Mulai dari ramen sampai okonomiyaki.

Dashi bisa dibuat dari kaldu kombu (rumput laut), bisa juga menggunakan ikan cakalang yang dikeringkan dan diserut halus, ikan teri kering hingga jamur shiitake kering.

Minuman ini dikemas di dalam kotak karton dengan lambang ikan. Diolah dari ikan bonito, rumput laut, dan ekstrak ikan torani untuk menciptakan rasa umami yang sedap.

Baru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu IkanBaru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu Ikan Foto: PR Times/SoraNews24

Minuman kaldu ikan ini cocok diminum dalam keadaan dingin atau hangat. Desain kemasan yang terbuat dari karton disebut dapat mempertahankan rasa kaldu agar tetap enak ketika diminum.

Menurut beberapa orang yang sudah mencoba minuman ini, aromanya ternyata tidak terlalu amis meski menggunakan dua jenis ikan yang berbeda. Teksturnya minumannya ringan dan mudah diminum.

"Untuk aromanya mirip seperti berada di dapur tradisional. Memang tercium aroma ikan, tapi tidak aroma ikannya tidak terlalu menyengat apalagi amis," tulis situs SoraNews yang sudah mencoba minuman ini.

"Untuk rasanya memang mirip seperti kaldu ikan pada umumnya. Paduan dari ikan bonito, rumput laut dan ikan torani menghasilkan cita rasa minuman yang kompleks dan umami," lanjut mereka.

Baru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu IkanBaru! Coca-Cola Jepang Perkenalkan Minuman Rasa Kaldu Ikan Foto: PR Times/SoraNews24

Go: Good rasa kaldu ikan ini sudah bisa dibeli di vending machine dan supermarket di Jepang. Harganya juga masih terjangkau sekitar 148 yen (Rp 20.000).

Bagi yang sedang diet tetap bisa minum ini karena kalorinya sangat rendah. Hanya dua kalori per kemasan. Tak hanya mengeluarkan minuman rasa kaldu ikan saja, tapi Coca-Cola juga merilis varian rasa Go: Good lainnya yang tak kalah unik.

Mulai dari minuman rasa sup jagung, minuman rasa udang, sampai minuman rasa saus tomat yang juga tersedia di vending machine.

Sebelumnya Coca-Cola Jepang juga pernah merilis produk minuman bersoda beku yang digemari banyak orang. Inovasi ini dikembangkan selama 8 tahun sebelum dilepas ke pasaran.

Baca Juga: Coca-Cola Luncurkan Minuman Soda Beku Pertama di Jepang

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com