Serba Lezat di Depok

Asyik! Begini Serunya Wisata Panen Belimbing Dewa di Depok

Devi Setya - detikFood Senin, 23 Nov 2020 12:00 WIB
Panen Belimbing Dewa di Depok Foto: detikFood/Devi S. Lestari
FOKUS BERITA Serba Lezat di Depok
Jakarta -

Depok punya buah khas yang juga jadi ikon kota yakni belimbing dewa. Di Depok, kamu bisa panen belimbing langsung di kebun sambil wisata bareng keluarga.

Belum banyak yang tahu kalau di Depok ada kebun belimbing yang jadi kawasan agrowisata. Kebun belimbing milik warga ini bisa jadi area piknik sekaligus panen dan menikmati segarnya belimbing yang matang pohon.

Salah satu perkebunan belimbing yang bisa disambangi yakni di kawasan Pancoran Mas, Depok. Arahkan kendaraan ke Gang H. Nisan, di dalam jalan ini kamu bisa menemui banyak kebun belimbing yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat.

Panen Belimbing Dewa di DepokPanen Belimbing Dewa di Depok Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Kami menghampiri kebun milik Pak Bayong, puluhan pohon belimbing tampak rimbun dan menghasilkan suasana teduh. Sapa hangat Pak Bayong menyambut kami yang memang tengah mencari kebun belimbing dewa khas Depok.

Pak Bayong adalah salah satu warga yang memiliki kebun belimbing. Di lahannya, ia menanam kurang lebih 20 pohon belimbing produktif. Menurutnya, jumlah pohon ini relatif sedikit dibandingkan petani kebun lain yang punya lebih banyak pohon belimbing.

"Di sini memang kebunnya belimbing. Kalau masuk lagi ke sana makin banyak, makin luas. Dikelola warga aja, itu tanah hak guna gitu dimanfaatin buat kebun belimbing," kata Pak Bayong.

Dalam setahun, kebun ini bisa panen belimbing hingga 3 kali. Artinya, buah dengan nama latin Averrhoa carambola ini bukanlah buah musiman.

Panen Belimbing Dewa di DepokPanen Belimbing Dewa di Depok Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Setelah belimbing matang, akan dipanen serentak. Tak lama kemudian akan tumbuh kembali bunga yang menjadi calon buah belimbing berikutnya. Siklus ini berlangsung sepanjang tahun.

Dalam sekali panen, kebun Pak Bayong bisa menghasilkan hingga 2 ton belimbing. Bayangkan bagaimana serunya kalau bisa memetik langsung belimbing dari pohon ini.

Pak Bayong juga mempersilahkan bagi siapapun yang ingin mampir ke kebunnya untuk panen ataupun sekedar mencicip buah belimbing. DetikFood juga tak mau melewatkan kesempatan ini.

Sayangnya, belimbing baru saja dipanen seminggu yang lalu sehingga semua buah matang sudah dipetik habis. Kami hanya bisa jalan-jalan sambil melihat buah belimbing yang baru saja tumbuh.

Meskipun tak bisa memetik langsung, kami bisa mencicip rasa buah belimbing yang disimpan Pak Bayong. Buahnya punya ukuran sedang, memiliki warna kuning cerah. Beberapa buah terlihat agak oranye, tanda sudah sangat tua.

Kami juga mencicipi rasa belimbing ini. Belimbing dewa ternyata punya rasa manis segar. Kandungan airnya sangat tinggi, begitu digigit langsung tumpah air manis asam ke dalam mulut. Segar!

Tekstur belimbing dewa juga terbilang empuk renyah. Meskipun sudah disimpan selama seminggu, rasanya masih segar dan tidak cepat membusuk.

Satu buah belimbing dewa memiliki berat kurang lebih 250 gram, namun tak jarang belimbing Pak Bayong memiliki ukuran jumbo. Satu buahnya bahkan bisa mencapai berat 800 gram.

Jika kamu datang saat panen, Pak Bayong akan mempersilahkan memetik buah belimbing langsung. Kamu bisa memilih buah paling matang yang tampilannya menarik.

Satu kilo buah belimbing ini dibanderol Rp 15 ribu hingga Rp 19 ribu. Kamu bisa menyantapnya langsung atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tertarik panen belimbing dewa langsung? Musim panen selanjutnya diperkirakan tiba pada pertengahan hingga akhir Desember 2020.

Kebun belimbing dewa Pak Bayong
Gg. H. Nisan, Rangkapan Jaya Baru
Pancoran Mas, Depok



Simak Video "Belimbing Dewa, Si Manis Ikon Kota Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Serba Lezat di Depok

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com