5 Takhayul Makanan di Korea, Sayap Ayam Picu Perselingkuhan

Riska Fitria - detikFood Senin, 23 Nov 2020 08:00 WIB
5 Takhayul Makanan di Korea, Sayap Ayam Picu Perselingkuhan Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya di Indonesia saja, di Korea juga masih mempercayai takhayul. Beberapa takhayul tersebut berkaitan dengan makanan. Apa saja?

Korea Selatan merupakan negara yang menghargai tradisi. Dari dengan tradisi itulah, takhayul secara alami mengikuti. Namun, takhayul mereka meluas lebih dari sekadar pengalaman atau spiritual.

Ada beberapa takhayul yang berkaitan erat dengan makanan dan minuman khas Korea. Mulai dari kepercayaan tentang kemakmuran hingga taktik yang konyol untuk mencegah perselingkuhan.

Takhayul tersebut masih dipercaya oleh masyarakat Korea sampai saat ini. Bahkan masuk menjadi kebudayaan dan tradisi.

Dilansir dari SnackFever (26/10) berikut 5 takhayul tentang makanan di Korea.


1. Tidak Makan Sup Rumput Laut di Hari Ujian

5 Takhayul Makanan di Korea, Sayap Ayam Picu Perselingkuhan5 Takhayul Makanan di Korea, Sayap Ayam Picu Perselingkuhan Foto: iStock

Sup rumput laut merupakan makanan tradisional khas Korea yang bercita rasa gurih. Dalam banyak kasus, sup rumput laut dianggap membawa kemakmuran dan keberuntungan di tahun-tahun mendatang.

Namun, ada satu waktu di mana diyakini bahwa makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi, yaitu pada hari ujian. Misalnya ujian di sekolah, ujian untuk masuk ke perguruan tinggi dan lainnya.

Orang Korea mempercayai ketika makan sup rumput laut di hari ujian, dapat menggagalkan hasil ujian tersebut. Takhayul ini difokuskan pada hafalan orang Korea.

Untuk memastikan bahan informasi untuk ujian tetap teringat di memori, mereka harus menghindari sup rumput laut. Jika mengonsumsinya, maka bisa menghilangkan apa yang ada di memori.

Baca Juga : Tahayul Makanan: Garam Membawa Nasib Sial dan Teh Membawa Jodoh (1)

2. Makan Taffy Bikin Pintar

5 Takhayul Makanan di Korea, Sayap Ayam Picu Perselingkuhan5 Takhayul Makanan di Korea, Sayap Ayam Picu Perselingkuhan Foto: iStock

Takhayul tentang makanan ini kebalikan dari makan rumput laut sebelumnya. Orang Korea percaya untuk membuat seseorang menjadi cerdas harus makan taffy.

Taffy merupakan jajanan Korea berupa permen yang terbuat dari gula, pewarna dan minyak sayur. Taffy memiliki tekstur yang kenyal dan lengket.

Nah, taffy dianggap sangat berguna bagi orang-orang yang hendak ujian di sekolah. Dengan mengonsumsi taffy mereka percaya semua bahan hafalan akan melekat di memori, sehingga memudahkan untuk menjawab soal.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com