Canggih! Kopi Buatan Robot Ini Rasanya Persis Buatan Kopitiam

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 17 Nov 2020 05:00 WIB
Robot Kopi Canggih Foto: AsiaOne/ Melissa Teo
Jakarta -

Kini ada robot pembuat kopi yang canggih. Robot ini bisa meracik kopi seperti barista di kopitiam. Rasa kopinya persis dengan buatan kopitiam.

Kopitiam atau kedai kopi atau kopi kini semakin banyak bermunculan. Ada yang menyajikan kopi seduh manual, ada juga yang seduh mesin. Tetapi dengan makin mahalnya tenaga kerja kini ada robot peracik kopi.

Robot ini berupa lempengan besi yang bisa memegang ceret kopi dan menggerakkan tuasnya seperti layaknya tangan barista. Kopi bubuk diseduh dengan air panas dari ceret lalu diberi bahan tambahan seperti susu, gula, krimer, dan lainnya.

Robot Kopi CanggihRobot Kopi Canggih Foto: AsiaOne/ Melissa Teo

Baca Juga: Canggih! Tanpa Manusia, Dapur Restoran Ini Dikelola Oleh Robot

Robot pembuat kopi canggih ini dinamakan Ratio. Mulai bekerja di sebuah kafe bernama Ratio Cafe and Lounge.

Dilansir dari AsiaOne (12/11), sebelum ada di Singapura, robot ini juga pernah ada di China. Lokasi kafe ini berada di The Centrepoint dan baru dibuka 2 November lalu.

Robot pembuat kopi yang canggih ini tak hanya membuat kopi dan teh biasa. Tapi bisa juga membuat koktail dan minuman lainnya. Robot ini bisa digunakan sepanjang hari dan meracik lebih dari 60 jenis minuman yang berbeda.

Robot Kopi CanggihRobot Kopi Canggih Foto: AsiaOne/ Melissa Teo

Robot ini bisa meracik beragam minuman karena telah dilengkapi dengan program yang canggih. Di dalamnya terdapat resep setiap minuman, jadi robot pembuat kopi ini bisa membuatnya dengan takaran tepat.

Karena resep yang digunakan sama, maka rasa setiap minuman akan sama setiap kali dibuat. Robot ini juga bisa menyesuaikan pesanan pelanggan yang ingin gulanya dikurangi, agar rasanya tak terlalu manis.

Robot Kopi CanggihRobot Kopi Canggih Foto: AsiaOne/ Melissa Teo

Proses pembuatan kopi ini juga digerakkan sendiri oleh sang robot. Bukan seperti mesin kopi instan pada umumnya, namun robot ini melakukan dengan gerakan seperti barista atau bartender. Jadi tak heran kalau rasanya mirip dengan yang dibuat secara manual oleh manusia.

Harga kopi buatan robot ini sangat variatif. Mulai dari S$3-11 (Rp 31.000-Rp 115.000). Seperti Banana Latte, Coconut Latte, dan Pandan Latte yang dibanderol S$5 (Rp 52.000).

Baca Juga: Keren! Robot Ini Bisa Sajikan Es Krim Cone dalam 32 Detik



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com