5 Buah Eksotis dari Hutan Papua, Matoa hingga Rabon Bi

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 14 Nov 2020 16:30 WIB
5 Buah Eksotis dari Hutan Papua, Matona hingga Rabon Bi Foto: Good News From Indonesia
Jakarta -

Kabar pembakaran hutan di Papua membuat netizen geram. Padahal di hutan Papua banyak tumbuh buah khas nan eksotis yang punya banyak khasiat.

Belakangan ini netizen dihebohkan dengan kabar pembakaran hutan di Papua. Pembakaran tersebut diduga dilakukan oleh usaha anak perusahaan Korea Selatan Korindo Group di Papua.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Korindo Group. Kejadian pembakaran hutan di Papua itu sangat disayangkan. Pasalnya di hutan Papua banyak tumbuh buah khas.

Apalagi buah khas Papua tersebut memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kebutuhan sehari-hari.

Dilansir dari Good News From Indonesia, berikut 5 buah khas Papua.

1. Buah Merah

5 Buah Eksotis dari Hutan Papua, Matona hingga Rabon Bi5 Buah Eksotis dari Hutan Papua, Matoa hingga Rabon Bi Foto: Good News From Indonesia

Buah merah merupakan buah tradisional khas Papua. Buah merah dengan nama latin Pandanus Conoideus ini masuk ke dalam kelompok tanaman pandan-pandanan.

Itu karena pohon dan daun buah merah ini menyerupai tanaman pandan. Sementara buahnya berbentuk lonjong dengan bagian ujung tertutup daun. Ketika matang, buah ini akan berwarna merah.

Karena itulah buah ini disebut dengan buah merah. Buah merah memiliki banyak khasiat kesehatan. Masyarakat Papua yang berada di pegunungan Jayawijaya biasa menjadikan buah merah untuk obat cacing.

Selain itu, ada juga yang memanfaatkan buah merah sebagai obat kebutaan, penyakit kulit hingga meningkatkan stamina. Buah ini sering dikonsumsi untuk sehari-sehari.

Baca Juga : Bukan Dari Laut, Papua Punya 3 Jenis Garam Alami yang Eksotis

2. Buah Matoa

5 Buah Eksotis dari Hutan Papua, Matona hingga Rabon Bi5 Buah Eksotis dari Hutan Papua, Matoa hingga Rabon Bi Foto: Good News From Indonesia

Buah matoa juga merupakan buah khas Papua. Di Papua sendiri ada dua jenis buah matoa, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Kedua jenis buah matoa itu dibedakan dari warna dan tekstur daging buahnya.

Matoa kelapa memiliki warna hijau. Sementara dagingnya bertekstur kenyal dan kering. Berbeda dengan matoa papeda yang berwarna merah keunguan.

Buah matoa papeda memiliki daging bertekstur lembek dan agak lengket. Rasa buah matoa juga bermacam-macam. Seperti campuran antara buah durian, kelengkeng dan rambutan.

Untuk manfaatnya, buah khas Papua ini juga tak kalah berkhasiat. Mengonsumsi buah matoa bisa menyembuhkan ambeien, melancarkan peredaran darah, mencegah hipertensi dan menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com