Canggih dan Praktis! Mesin Pengupas Nanas Ini Ada di Supermarket

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 13 Nov 2020 12:00 WIB
Mesin Canggih Pengupas Nanas Otomatis Foto: Instagram @1001kuliner
Jakarta -

Kalau beli nanas di supermarket ini sangat praktis karena kamu tak perlu repot mengupasnya secara manual. Di sana tersedia mesin pengupas nanas yang canggih.

Nanas merupakan jenis buah eksotis yang rasanya menyegarkan. Bagian daging buahnya berwarna kuning terang, namun nanas punya kulit keras yang tergolong sulit dikupas.

Dalam mengupas nanas juga memerlukan teknik khusus. Hal ini agar daging buahnya tak terbuang banyak dan bagian matanya bisa hilang.

Beberapa tips mengupas nanas sudah banyak dibagikan di media sosial. Namun tak jarang masih banyak yang bingung.

Baca Juga: Begini Nih Cara Makan Buah Nanas yang Benar dan Praktis

Nanas yang dijual di pasaran juga biasanya masih dalam kondisi utuh. Kalaupun sudah ada yang dikupas, biasanya dikupas dengan cara manual menggunakan pisau.

Mesin Canggih Pengupas Nanas OtomatisMesin Canggih Pengupas Nanas Otomatis Foto: Instagram @1001kuliner

Namun di sebuah supermarket Jerman ini, kamu bisa membeli nanas kupas utuh. Mereka menyediakan mesin pengupas nanas yang bisa dioperasikan pembeli.

Hal ini terlihat dari unggahan Instagram @1001kuliner (11/11). Mesin pengupas nanas itu ada di samping tumpukan nanas yang dijual. Para pembeli tinggal memasukkan nanas pilihan ke dalam mesin.

Kemudian mesin itu akan memotong nanas dari bagian atas hingga bentuknya silinder. Mesin menyingkirkan kulit dan bagian atas nanas yang sulit disingkirkan dengan pisau biasa.

Mesin Canggih Pengupas Nanas OtomatisMesin Canggih Pengupas Nanas Otomatis Foto: Instagram @1001kuliner

Selanjutnya nanas berbentuk silinder itu dimasukkan otomatis ke dalam stoples plastik. Pembeli tinggal mengambil, menutup stoples, dan membayarnya di kasir.

Mesin canggih pengupas nanas otomatis di supermarket luar negeri ini membuat banyak orang kagum. Namun tak jarang juga banyak yang menyayangkan daging buahnya banyak terbuang.

"Praktis tapi lumayan yang kebuang," komentar netizen.

"Keren banget alatnya!" tulis netizen lain.

"Fix emak gue need alat ini," sahut netizen lainnya.

Mesin Canggih Pengupas Nanas OtomatisMesin Canggih Pengupas Nanas Otomatis Foto: Instagram @1001kuliner

Sayangnya mesin canggih pengupas nanas tersebut belum ada di Indonesia. Kalau ada pasti banyak pembeli yang akan menyukainya.

Karena belum ada di Indonesia, kalau ingin mengupas nanas bisa ikuti tips berikut. Seorang pria membagikan tipsnya di Facebook, bahkan ia mengupasnya tanpa pisau.

Cara Mengupas Nanas Tanpa Pisau, Hanya Pakai TanganCara Mengupas Nanas Tanpa Pisau, Hanya Pakai Tangan Foto: Facebook John Nonny

Bagian pucuk nanas diputar hingga terlepas. Lalu nanas dibenturkan ke lantai beberapa menit dalam posisi vertikal. Setelah itu baringkan nanas dalam posisi horizontal dan gulingkan nanas tersebut sambil agak ditekan.

Kemudian benturkan lagi nanas tersebut. Terakhir daging buah nanas itu bisa langsung diambil dengan cara menarik kulit bagian luar.

Baca Juga: Pria Ini Bagikan Tips Kupas Nanas Tanpa Pisau, Gimana Caranya?



Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com