Heboh Madu Palsu Khas Lebak, Intip Fakta Madu Hutan Istimewa Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 12 Nov 2020 16:30 WIB
Madu palsu yang siap edar diamankan polisi sebagai barang bukti. Foto: Istimewa
Jakarta -

Belakangan heboh produk madu palsu khas Lebak, Banten yang beredar luas di pasaran. Sebenarnya apa itu madu khas Lebak? Apa yang membuatnya istimewa dan mahal?

Pemalsuan madu sebenarnya bukan hal baru. Hal ini dilakukan para penjual nakal yang ingin mendapat untung lebih.

Mereka menjual madu palsu yang murah dan berkualitas rendah sebagai madu asli yang harganya mahal. Selisih harga inilah yang membuat penjual madu palus bisa meraup untung.

Terbaru, kasus madu palsu khas Lebak menyita perhatian publik. Pihak kepolisian Banten membocorkan penjual madu palsu ini bisa meraup omzet miliaran rupiah.

Banyak orang tertipu membeli madu palsu khas Lebak. Padahal mereka sudah mengeluarkan banyak uang demi mendapat madu khas Lebak yang asli.

Sebenarnya apa itu madu khas Lebak? Bagaimana ciri dan manfaat sehatnya? Berikut detikFood (12/11) merangkum fakta madu khas Lebak, Banten:

1. Madu palsu khas Lebak dibuat tanpa madu sama sekali

Madu PalsuFoto: iStock

Kapolda Banten Irjen Fiandar menjelaskan madu palsu khas Lebak dibuat tanpa madu sama sekali. Produsennya hanya mencampur zat glukosa, fruktosa, dan molase hingga aroma, tekstur, dan warnanya mirip madu Lebak asli.

Adapun peran molase atau cairan tetes tebu adalah untuk menyamai warna madu. Lalu glukosa dipakai untuk mengentalkan madu. Kemudian palsu khas Lebak ini dijual dalam jerigen ukuran 30 liter. Harganya mencapai Rp 660 ribu!

Tersangka pemalsuan madu khas Lebak ini diperkirakan bisa meraup keuntungan sampai Rp 8 miliar! Mereka dijerat pasal berlapis seperti tentang pangan dan kesehatan.

Baca Juga: Polisi Tangkap Sindikat Pembuat Madu Palsu Khas Lebak Beromzet Miliaran

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com