Bikin Geger, Beras Plastik Kembali Ditemukan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 28 Okt 2020 13:00 WIB
Beras bansos bercampur plastik yang diterima warga Cianjur Ilustrasi Beras Plastik. Foto: Ismet Selamet
Jakarta -

Temuan beras plastik sempat menghebohkan China. Kini kembali muncul kasus beras oplosan serupa yang menjadi sorotan.

Beras plastik adalah salah satu kasus makanan oplosan yang marak di China. Berupa bahan nonberas berlapis plastik yang bentuknya menyerupai bulir beras.

Ada juga kasus beras plastik berupa campuran buliran beras asli dan buliran plastik menyerupai beras.

Beras plastik pernah ditemukan di Taiyuan, Provinsi Shaanxi. Dibuat dari campuran kentang, ubi, dan lapisan resin sintetis.

Konsumsi beras plastik tentu berbahaya untuk kesehatan. Pasalnya beras ini akan tetap keras seperti batu meski sudah dimasak.

Baca Juga: 5 Kasus Makanan Oplosan di China yang Bikin Heboh

Terbaru, beras plastik kembali ditemukan di China. Dikutip dari Oddity Central (28/10), hal ini berawal dari beras yang dibeli seorang wanita di Jiaozhou, Qingdao.

Bikin Geger, Beras Plastik Kembali Ditemukan di ChinaBikin Geger, Beras Plastik Kembali Ditemukan di China Foto: Oddity Central

Saat itu ia membeli beras Wuchang kemasan 10 kg. Saat diamati lebih lanjut, terlihat ada butiran plastik di antara buliran beras asli.

Wanita bernama Ms. Liu ini bahkan sempat memasak beras ini dua kali usai membukanya. Tapi ia mencecap rasa plastik yang membuatnya curiga.

Awalnya ia menduga terdapat kerusakan pada rice cooker miliknya, tapi ketika ia sedang mencuci beras beberapa hari lalu, ia mendapati hal aneh.

Ms. Liu bilang melihat benda butiran seperti plastik yang mengapung di permukaan air. Setelah dilihat lebih saksama, ia meyakini kalau itu bukan beras sungguhan.

Kemudian Ms. Liu dan keluarganya bereksperimen membakar beras asli dan dugaan butiran beras plastik. Hasilnya ternyata mencengangkan.

Beras asli berubah jadi arang ketika dibakar, sedangkan beras plastik malah gosong dan leleh layaknya plastik lain.

Bikin Geger, Beras Plastik Kembali Ditemukan di ChinaBikin Geger, Beras Plastik Kembali Ditemukan di China Foto: Oddity Central

Tak terima dengan hal ini, Ms. Liu mengembalikan beras ke toko tempat ia membeli. Tapi pemilik toko mengaku tak tahu akan hal ini.

Ia hanya bilang selalu membeli beras dari orang yang sama, Mr. Tan. Namun selama ini tidak pernah ada komplain.

Pemilik toko juga sempat memeriksa stok beras lain yang mereknya sama dengan yang dibeli Ms. Liu. Tapi setelah diperiksa, mereka tak menemukan beras plastik.

Hingga sekarang belum diketahui pasti kebenaran di balik temuan beras plastik Ms. Liu. Namun kisahnya sudah viral di media sosial China.

Kabarnya departemen supervisi pasar Jiaozhou juga turun tangan. Mereka tengah melakukan investigasi terkait temuan beras plastik ini.

Baca Juga: Beras Plastik Sudah Sejak 4 Tahun Lalu Diproduksi di Taiyuan



Simak Video "Maknyus! Warung Tenda Ini Sajikan Kuliner Khas Jepang Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)