Miris! 5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan

Devi Setya - detikFood
Selasa, 27 Okt 2020 13:30 WIB
5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan
Foto: instagram @informasi.terkini86
Jakarta -

Urusan perut memang tak bisa kompromi, banyak orang yang melakukan pencurian makanan karena kelaparan. Ada yang mencuri pisang hingga beras.

Tidak semua orang bisa dan mampu membeli makanan untuk memenuhi kebutuhan harian. Apalagi bagi mereka yang tak memiliki pekerjaan tetap.

Jika gelap mata, maka semua hal bisa nekat dilakukan dengan alasan mengisi perut. Seperti orang-orang yang pernah terjerat kasus pencurian makanan karena alasan lapar.

Kejadian ini cukup membuat pilu karena demi sepiring nasi, orang-orang sampai melakukan tindak kriminal. Kejadian ini semakin parah sejak pandemi corona.

Berikut beberapa kasus pencurian karena alasan kelaparan.

1. Mencuri beras

5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan Foto: detik.com


Seorang pria warga Medan berinisial A nekat mencuri beras di warung dekat rumahnya. Pria 40 tahun ini kepergok warga saat mencuri beras, alasannya karena ia tak punya uang untuk membeli makanan.

Kejadian pada April 2020 ini membuat warga merasa iba. A mengaku kelaparan karena ia tak lagi memiliki pekerjaan setelah bengkel tempatnya bekerja terdampak corona.

Akhirnya, warga menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan. A juga kemudian mendapat bantuan sembako dan uang dari pemerintah daerah setempat.

2. Mencuri padi


Seorang pemulung bernama Sumardi kedapatan tengah mencuri padi di sawah. Aksinya ini ketahuan warga yang memang sudah curiga dengan gerak-geriknya.

Sumardi mencuri padi di sawah yang berlokasi di Dukuh Pandanrejo, Karanganyar pada April 2020 lalu. Setelah diinterogasi warga, Sumardi mengaku terpaksa mencuri karena ia dan keluarganya kelaparan.

Padi yang dicuri Sumardi ini niatnya akan diolah menjadi beras dan dimasak untuk dimakan bersama 5 anggota keluarganya. Tapi aksi ini keburu ketahuan oleh warga.

3. Mencuri tabung gas

Tak hanya di daerah, di Jakarta Pusat pun terjadi kelangkaan dan kurang pasokan. Di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (7/12) kelangkaan terlihat dengan banyaknya tumpukan tabung gas melon kosong.5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan Foto: Ari Saputra


Di kawasan Tamansari, Kabupaten Bogor, seorang pria bernama Oma tertangkap basah saat mencuri tabung gas. Oma adalah korban PHK karena tempatnya bekerja terpaksa gulung tikar karena pandemi.

Di saat ia tak punya uang, perutnya harus tetap diisi untuk bisa melanjutkan hidup. Akhirnya Oma mengambil jalan pintas untuk mencuri tabung gas dan berencana menjualnya.

Tapi aksinya ini kepergok warga sehingga ia justru malah dikeroyok warga. Oma mengaku mencuri karena lapar, setiap hari pun ia hanya makan dengan nasi dan garam.

4. Mencuri sawit

5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan Foto: instagram @informasi.terkini86


Seorang ibu tiga anak terpaksa mencuri sawit karena tiga anaknya kelaparann. Ibu bernama Rica Maria ini mencuri tiga tandan buah sawit dari Perkebunan Nusantara V, Rokan Hulu.

Rica menjelaskan alasannya mencuri karena tiga anaknya yang masih kecil ini lapar. Nantinya uang hasil penjualan sawit akan dibelikan beras.

Tapi sayang, Rica harus diciduk polisi karena kasus pencurian. Kisah ini sempat viral karena pihak perkebunan kelapa sawit tak mau berdamai, alhasil Rica harus berurusan dengan polisi dan menjalani hukuman.

5. Mencuri pisang

5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan Foto: instagram @informasi.terkini86


Dua pemuda tertangkap warga ketika sedang mencuri satu tandan pisang milik petani di Desa Sengon, Brebes. Keduanya diamankan pihak kepolisian untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Diketahui dua pemuda ini mencuri karena kelaparan. Dua pemuda ini tinggal bersama neneknya yang sedang sakit, mereka terpaksa mencuri karena membutuhkan uang untuk membeli makanan dan obat bagi sang nenek.



Simak Video "Mulia! Warung Ini Terapkan Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)