Restoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini Menunya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 25 Okt 2020 10:00 WIB
Restoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini Menunya Foto: Sora News 24
Jakarta -

Setelah tutup selama 44 tahun restoran ramen pertama di Jepang buka kembali. Seperti apa menu andalannya?

Restoran ramen pertama di Jepang bernama Rairaiken. Lokasinya ada di kawasan Asakusa Tokyo dan berdiri pada tahun 1910.

Dikutip dari Sora News 24 (23/10), dulunya juru masak di Rairaiken berasal dari Yokohama. Restoran ini sangat populer sampai bisa melayani 3 ribu pengunjung per hari.

Namun sayangnya Rairaken sempat tutup pada tahun 1976. Setelah itu tidak ada satupun pihak yang tertarik melanjutkan operasional restoran.

Tapi sekarang, setelah 44 tahun tutup, Rairaiken kembali dibuka. Hal ini berkat usaha Shin Yokohama Raumen Museum yang melakukan berbagai riset dan upaya lainnya.

Restoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini MenunyaRestoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini Menunya Foto: Sora News 24

Mereka mencari tahu Rairaiken sampai ke cucu pendirinya, Kanichi Ozaki yang bernama Kunio Takahashi. Juga cicitnya yang bernama Yusaku Takahashi.

Mereka berusaha menciptakan kembali atmosfer restoran legendaris, sekaligus menu dari Rairaiken di masa lampau.

Baca Juga: Pertama di Dunia! Restoran Ini Sajikan Ramen Ikan Piranha

Kini gerai Rairaiken baru berlokasi di dalam Shin Yokohama Raumen Museum. Pihaknya sudah menggunakan sistem pemesanan melalui mesin tiket.

Untuk menu Raumen standard harganya 1.100 yen atau sekitar Rp 154 ribu. Menu ini hanya dijual 100 porsi per hari.

Restoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini MenunyaRestoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini Menunya Foto: Sora News 24

Pilihan menu lainnya ada ramen Wonton, ramen Char Siu, dan gabungan keduanya. Juga kudapan berupa shumai dumpling.

Konon untuk ramen, masih dibuat dengan tepung yang sama dengan yang dulu. Kuahnya berupa kaldu soy sauce yang klasik yang jadi ciri khasnya.

Tim Sora News 24 mendeskripsikan tekstur mienya terasa sangat lembut dan kenyal. Lalu untuk char siu-nya yang memakai daging babi memiliki rasa yang gurih renyah.

Restoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini MenunyaRestoran Ramen Pertama di Jepang Buka Kembali, Ini Menunya Foto: Sora News 24

Untuk shumai dumplingnya, ukurannya sedikit lebih besar dari shumai yang biasa ada di Jepang. Isiannya padat berlimpah dan rasanya juicy enak.

Diakui memang menu buatan restoran ramen pertama di Jepang ini begitu klasik. Namun cita rasanya yang sederhana jadi keistimewaan tersendiri.

Baca Juga: Bukan di Resto Mewah, Ramen Enak Kyoto Ini Dijual di Mobil Van



Simak Video "Resto Ramen Pertama di Jepang Buka Lagi Setelah 44 Tahun Tutup"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)