ADVERTISEMENT

5 Tips Bikin Salad Enak dengan Tampilan Menggugah Selera ala Netizen

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 19 Okt 2020 16:00 WIB
Tips Bikin Salad
Foto: iStock

3. Pilih Protein

Tips Bikin SaladTips Bikin Salad Foto: iStock

Salad tak hanya sekadar sayuran atau buah-buahan saja. Agar nutrisinya tetap seimbang, tambahkan juga protein. Bisa dari protein hewan ataupun nabati.

Protein hewan yang bisa digunakan adalah dada ayam. Dada ayam bisa dikukus dengan tambahan sedikit garam dan lada lalu dipotong dadu. Bisa juga diolah dengan cara dipanggang.

Kalau kamu pelaku diet vegetarian atau vegan seperti Naajmi, bisa ganti protein hewan dengan nabati. Seperti kacang-kacangan, ada chickpeas (kacang Arab), kacang merah, lentils, dan kacang polong. Tempe dan tahu juga bisa ditambahkan karena terbuat dari kacang kedelai.

4. Pilih Lemak yang Sehat

Tips Bikin SaladTips Bikin Salad Foto: iStock

Selain sayuran dan protein, langkah selanjutnya adalah memilih sumber lemak sehat. Makanan yang mengandung lemak sehat juga bisa ditambahkan ke dalam salad. Tujuannya untuk menambahkan cita rasa.

Makanan yang mengandung lemak sehat diantaranya seperti alpukat, walnuts, almond, dan zaitun. Yang paling mudah di dapatkan adalah alpukat.

Buah berwarna daging hijau kekuningan ini mengandung sekitar 14,7 gram lemak sehat dalam takaran 100 gram, seperti dilansir dari Verywell Fit. Lemak yang dikandung oleh alpukat ini bahkan dapat membantu mengatur kadar trigliserida dan mencegah diabetes.

5. Tambahkan Dressing yang Tepat

Tips Bikin SaladTips Bikin Salad Foto: iStock

Dressing juga jadi elemen penting dalam membuat salad yang enak dan cantik. Naajmi dalam thread Twitter-nya mengatakan, "Bikin salad sendiri kalo mau enak ada tahapannya: base oil, pemanis, asam, herbs," bebernya.

Untuk pilihan base oil yang baik digunakan adalah minyak zaitun, grapeseed oil, atau sunflower oil. Perlu diingat, jangan menggunakan minyak goreng.

Setelah itu tambahkan pemanis ke dalam salad, bisa berupa madu atau sirup maple. Untuk rasa asamnya bisa tambahkan cuka balsamic, cuka beras, white vinegar, atau yang paling mudah ditemui adalah air lemon.

Herbs atau rempah juga tak boleh ketinggalan. Bisa menggunakan basil, bawang, rosemary, bubuk cabai, dan lainnya.

Setelah semuanya siap, susun satu per satu elemen salad ke dalam mangkuk. Perhatikan komposisi warna dan posisinya. Terakhir, sirami dressing agar terlihat estetis sekaligus menggugah selera.

Baca Juga: Pencinta Salad, Ini Bedanya Vinaigrette dan Dressing untuk Salad


(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT