5 Tips Bikin Salad Enak dengan Tampilan Menggugah Selera ala Netizen

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 19 Okt 2020 16:00 WIB
Tips Bikin Salad
Foto: iStock
Jakarta -

Salad kerap jadi santapan para pelaku diet. Supaya menarik selera, netizen di Twitter ini bagikan tips bikin salad enak dan cantik. Yuk, simak!

Salad terdiri dari berbagai sayuran atau buah-buahan segar. Untuk salad sayuran, biasanya menggunakan selada hijau segar dengan tambahan sayuran lain yang dinikmati bersama racikan saus atau dressing.

Ada juga salad buah yang dibuat dari potongan aneka buah segar. Seperti apel, pisang, stroberi, mangga, lalu disajikan dengan saus creamy.

Biasanya salad ini jadi santapan pilihan mereka yang sedang diet demi melangsingkan tubuh. Para pelaku vegetarian atau vegan juga menjadikan salad sebagai makanan mereka sehari-hari.

Seperti Naajmi Wicaksono, netizen di Twitter yang sudah menjadi pelaku vegan sejak 4 bulan lalu. Sebelumnya ia seorang vegetarian sejak tahun 2018.

Naajmi kerap membagikan menu sehatnya lewat akun Twitter-nya @Hujandisenja. Salah satunya yang ramai jadi perbincangan adalah cara membuat salad yang enak dan cantik (16/10).

Berikut 5 tips bikin salad enak dan menggugah selera:

1. Pilih Sayuran Berwarna dengan Tekstur Renyah

Tips Bikin SaladTips Bikin Salad Foto: iStock

Naajmi membagikan tips ini agar banyak orang membuat salad tak hanya berwarna hijau saja. Ia menyarankan untuk menambahkan aneka sayuran yang berwarna. Tujuannya supaya salad tampil menggugah selera.

"Pada intinya bikin salad kamu berwarna seperti pelangi, jangan ijo mulu," ujar cuitannya di Twitter.

Pilih sayuran yang memiliki warna cantik, seperti merah, kuning atau ungu. Sayuran tersebut di antaranya tomat ceri, paprika merah, paprika kuning, kol ungu, wortel, hingga bawang bombai ungu.

"Kol ungu ini enak banget dan crunchy pas dimakan," ujar Naajmi Wicaksono di Twitter (16/10).

Baca Juga: Mau Racik Salad? Ini 8 Sayuran yang Paling Tinggi Nutrisinya

2. Pilih Sayuran Hijau

Tips Bikin SaladTips Bikin Salad Foto: iStock

Walaupun di awal ia mengatakan 'jangan melulu hijau' dalam membuat salad, tapi sayuran hijau tetap penting untuk dimasukkan ke dalam salad. Karena sayuran hijau banyak memiliki nutrisi penting untuk tubuh.

Kalau bosan dengan selada bokor, bisa ganti dengan sayuran hijau lain yang nutrisinya tetap baik. Seperti bayam, romaine lettuce (selada cos), kale, dan lainnya.

Selada air juga cocok kamu pilih karena mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin A, C, dan K. Pilihan lain adalah arugula yang kaya akan phytochemicals yang dapat menghambat perkembangan kanker tertentu.