Kamu Sudah Tahu? 5 Nama Jajanan Tradisional Ini dari Singkatan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 16 Okt 2020 16:30 WIB
Ketoprak Khas Betawi Foto: detikfood
Jakarta -

Nama jajanan tradisional ini ternyata berasal dari singkatan. Salah satunya pancong yang tengah ramai dibicarakan netizen Twitter.

Kamu pasti sudah tak asing dengan nama-nama jajanan tradisional Indonesia. Mulai dari pancong, combro, cilok, sampai batagor. Tapi tahukah kamu kalau semua nama itu berasal dari singkatan?

Orang-orang Indonesia ternyata sangat kreatif dalam memberi nama jajanan tradisional berikut. Singkatan itu bisa merujuk pada bahan pembuatan jajanan atau cara membuatnya.

Berikut detikFood (16/10) merangkum 5 nama jajanan tradisional yang berasal dari singkata

1. Pancong

Pancong Rawa BelongFoto: detikFood

Terbaru, netizen Twitter ramai membicarakan pancong. Berawal dari unggahan @hendpranto pada 14 Oktober 2020. Ia mengunggah foto kue pancong.

Lalu keterangannya, "Umur berapa kamu baru tahu kalau kue pancong adalah singkatan dari pantatnya dicongkel?" Hal ini karena setelah sesaat pancong matang, maka bagian bawah atau 'pantat' adonan dicongkel.

@hendpranto juga menjelaskan kalau pancong tidak sama dengan banros yang populer di Bandung. "Adonan banros rasanya relatif gurih (asin), dan disertai potongan kelapa dengan ukuran besar. Makannya dicocol saos," tulisnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]