Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan

ADVERTISEMENT

Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 15 Okt 2020 17:00 WIB
Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan
Foto: Instagram @carikulinersolo

3. Bahan Utama Kue Moho

Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan MedanResep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan Foto: Instagram @verajj

Kue moho yang rasanya manis dan bertekstur padat ini terbilang mudah untuk dibuat. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemui.

Selain tepung terigu, penambahan ragi dari air tape singkong sangat dibutuhkan untuk membuat kue moho khas Jawa Tengah. Selain itu memakai gula dan pengembang (soda kue) agar kue moho mengembang mekar dan padat ketika dikukus.

Untuk kue moho khas Medan, gula merah jadi komponen utama untuk membuatnya. Tak lupa ditambahkan santan kelapa agar aromanya lebih sedap dan rasanya gurih.

Banyak juga kue moho Medan yang dikreasikan dengan tambahan kentang ataupun ubi. Jika ingin warnanya cantik, banyak yang membuatnya menggunakan ubi ungu.

Baca Juga: 7 Bakery Jadul yang Masih Eksis Jual Roti Enak

4. Resep Kue Moho Jadul

Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan MedanResep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan Foto: youtube Ros Zhang

Resep kue moho banyak tersebar di YouTube. Salah satunya dibagikan oleh channel YouTube Ros Zhang (22/7). Ia memberikan resep 'Huat Kue Jadul Anti Gagal'.

Kalau kue moho khas Jawa Tengah menggunakan air tape singkong, netizen ini menggunakan ragi instan yang lebih praktis. Menurutnya prosesnya sangat mudah untuk ditiru.

Bahan-bahan yang digunakan:

500 g tepung terigu protein sedang
200 g gula pasir
100 g margarin
2 butir telur ayam
250 ml air
5 g ragi instan

Cara membuatnya:

1. Pertama, masukkan ragi instan ke dalam 250 ml air untuk mengecek apakah raginya masih aktif atau tidak. Lalu tutup dan diamkan hingga berbuih.

2. Selagi menunggu raginya, masukkan gula pasir, margarin, dan 2 butir telur dalam wadah. Kemudian kocok semua bahan sampai tercampur rata.

3. Setelah tercampur rata, masukkan tepung terigu dan aduk kembali.

4. Masukkan larutan air dan ragi yang telah didiamkan. Lalu aduk kembali hingga semuanya tercampur rata.

5. Diamkan selama 3-4 jam hingga adonannya mengembang. Ukurannya jadi sekitar 2 kali lipat dari adonan awalnya.

6. Setelah itu cetak ke dalam loyang kecil yang telah dilapisi dengan kertas minyak. Isinya jangan terlalu penuh, sekitar 3/4 saja.

7. Kemudian kukus di dalam panci yang sebelumnya telah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus selama 30 menit hingga kue merekah.

8. Kue moho pun bisa langsung dihidangakan sebagai camilan.



Simak Video "Bocoran Sajian Menu Kuliner Akad Nikah Kaesang dan Erina"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT