Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 17:00 WIB
Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan Foto: Instagram @carikulinersolo
Jakarta -

Kue moho adalah camilan tradisional yang populer di Jawa Tengah dan Medan. Bentuknya mirip bolu kukus, tapi teksturnya lebih padat. Ini fakta kue moho.

Kue moho merupakan jajanan tradisional yang populer. Kue basah atau jenis jajan pasar ini mirip bolu kukus dengan rasa empuk manis.

Kue moho sangat populer di daerah Jawa Tengah, seperti Pati, Semarang, dan lainnya. Kue moho juga populer di Medan, Sumatera Utara. Namun bentuk dan bahannya agak berbeda dari yang ada di Jawa Tengah.

Berikut fakta dan resep kue moho:

1. Kue Moho khas Jawa Tengah

Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan MedanResep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan Foto: Instagram @selectarumahkue

Kue moho merupakan camilan tradisional Jawa Tengah yang mengenyangkan. Kue moho banyak dijual di pasar tradisional dengan tampilan warna-warni.

Kue moho yang populer di Jawa Tengah merupakan adaptasi kue-kue yang populer di kalangan Tionghoa. Konon kue ini berasal dari Hwat kwee yang biasa disajikan di meja makan saat Imlek oleh etnis China yang ada di Semarang.

Biasanya kue moho di Jawa Tengah memiliki warna dasar putih. Kemudian bagian atasnya berwarna merah atau merah muda. Ada juga yang diberi warna pink menyala.Bentuknya merekah, oleh karena itu mirip dengan bolu kukus.

Warna merah dan bentuk merekah merupakan simbol keberuntungan tahun baru. Tekstur kue moho lebih padat dari bolu kukus yang lembut. Karenanya kue moho cocok dijadikan menu sarapan.

Baca Juga: 5 Kue Kering Jadul Khas Indonesia Ini Populer Saat Lebaran

2. Kue Moho khas Medan

Resep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan MedanResep Kue Moho Jadul yang Populer di Jawa Tengah dan Medan Foto: Instagram @merrytan_tuwendi

Tak hanya di tanah Jawa, camilan tradisional ini juga populer di Medan, Sumatera Utara. Kalau di sana kue moho disebut dengan mohong.

Kue moho atau mohong ini hanya dikreasikan dengan satu warna kalau di Medan. Biasanya adonan kue moho ini dicampurkan gula merah sehingga warnanya kecokelatan mirip bolu kukus.

Rasanya sangat manis dan legit dengan tekstur empuk. Enak disantap di sore hari untuk teman minum teh atau kopi panas.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]