ADVERTISEMENT

Kue Klasik Ngetren

Sejarah Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas Bandung

Devi Setya - detikFood
Kamis, 15 Okt 2020 10:30 WIB
Sejarah Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas Bandung
Foto: Devi S. Lestari/detikFood

4. Dimasak dengan cara tradisional

Kue balok terbuat dari bahan baku tepung terigu, vanili, telur, susu kental manis, soda kue, margarin dan gula pasir. Dahulu proses pembuatan kue balok dilakukan secara tradisional.

Semua bahan dicampur dan diaduk manual hingga menjadi adonan yang kental. Proses masaknya mengandalkan cetakan khusus yang dipanaskan menggunakan api dari arang kayu.

Kue balok dimasak perlahan agar matang secara merata. Kue balok versi klasik memiliki aroma bakar yang khas dan kuat karena dimasak secara perlahan.

5. Kue balok tampil kekinian

Sejarah Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas BandungSejarah Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas Bandung Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Kue balok klasik memang masih bisa dijumpai di Bandung namun pedagangnya tak banyak. Kini justru hadir kue balok kekinian dengan aneka varian rasa.

Kue balok sudah diolah lebih modern dengan mesin pengaduk adonan kue dan oven panggang modern. Varian rasanya juga beragam mulai dari green tea, keju, oreo, kismis, kacang, red velvet, pandan, cokelat dan lainnya.


Kini yang cukup populer adalah kue balok brownies yang punya tekstur lebih lembut. Ada juga kue balok cokelat yang hadir dengan sensasi lumer lezat cokelat pekat.



Simak Video "Lumernya Kue Balok dan Pedas Nikmat Seblak BKT"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT