Kue Klasik Ngetren

Sejarah Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas Bandung

Devi Setya - detikFood Kamis, 15 Okt 2020 10:30 WIB
Sejarah Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas Bandung Foto: Devi S. Lestari/detikFood
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
Jakarta -

Siapa yang mengira kalau kue balok adalah kue kekinian? Ternyata kue balok sudah ada sejak masa kolonial Belanda dan kini bertransformasi jadi kue kekinian khas Bandung.

Jika dirunut sejarah soal kue balok, banyak sumber mengatakan kalau kue balok sudah ada sejak tahun 1950-an. Kue padat berbentuk persegi panjang ini awalnya adalah kudapan orang-orang Belanda.

Lambat laun kemudian menjadi menu sarapan warga Bandung. Kue yang bertekstur padat ini cukup membuat kenyang, orang-orang Bandung lebih suka makan kue balok dibandingkan roti.

Kini kue balok merupakan kue bolu yang padat. Kini dibuat kreasi jadi kue kekinian dengan berbagai pilihan rasa. Kue balok juga jadi salah satu oleh-oleh favorit yang diburu para pelancong.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejarah perjalanan kue balok.

1. Berawal dari makanan orang Belanda

kue balokSejarah Kue Balok, Camilan Orang Belanda yang Kini Jadi Oleh-oleh Khas Bandung Foto: Instagram @bandungeat

Para penjajah Belanda yang tinggal di Indonesia, khususnya di kawasan Bandung sangat suka makan kue dan roti. Masuknya tepung terigu ke Indonesia membuat dua makanan ini mudah diolah.

Kue balok jadi makanan sehari-hari warga Belanda. Resep kue padat ini lambat laun diketahui warga Bandung yang mulai mencoba membuat kue balok.

Ternyata kue ini disukai banyak orang dan dipilih sebagai menu sarapan. Teksturnya yang padat membuat cepat kenyang sehingga popularitas kue balok mengalahkan roti pada saat itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resep Roti Balok Cokelat"
[Gambas:Video 20detik]

FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren