Kue Klasik Ngetren

5 Fakta Roti Bluder, Peninggalan Belanda yang Jadi Ikon Kuliner Kota Madiun

Riska Fitria - detikFood Rabu, 14 Okt 2020 19:30 WIB
5 Fakta Roti Bluder, Peninggalan Belanda yang Jadi Ikon Kuliner Kota Madiun Foto: Instagram @bludercokromadiun
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
Jakarta -

Roti bluder, roti bertekstur lembut ini merupakan ikon kuliner kota Madiun. Namun sebenarnya roti ini adalah peninggalan Belanda. Ini faktanya.

Berkunjung di Madiun, Jawa Timur belum lengkap rasanya kalau tidak membawa roti bluder sebagai buah tangan. Roti klasik ini kembali ngetren dan menjadi favorit banyak orang

Rotinya berbentuk piramida bulat dan rasanya manis. Rotinya dibuat dengan perpaduan adonan roti yang memakai banyak telur, mentega dan susu sehingga menghasilkan tekstur yang lembut.

Jauh sebelum dikenal sebagai ikon kuliner dan oleh-oleh khas Madiun, roti bluder memiliki fakta menarik yang berkaitan dengan sejarah hingga perkembangan variannya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta menarik tentang roti bluder.

1. Apa Itu Roti Bluder

5 Fakta Roti Bluder, Peninggalan Belanda yang Jadi Ikon Kuliner Kota Madiun5 Fakta Roti Bluder, Peninggalan Belanda yang Jadi Ikon Kuliner Kota Madiun Foto: Instagram @bludercokromadiun

Roti bluder atau bloeder adalah salah satu jenis roti klasik. Rotinya berwarna cokelat keemasan dan rasanya manis. Ciri khas roti ini ada pada teksturnya yang empuk dan lembut.

Ketika roti ini disobek, maka akan terlihat serat-serat rotinya yang halus. Roti bluder yang original terbuat dari campuran adonan tepung, mentega dan telur.

Kemudian diolah dengan cara khusus sehingga menghasilkan tekstur yang lembut. Biasanya roti bluder hanya bisa bertahan lama sekitar enam hari.

Itu karena pada adonannya tidak menggunakan bahan pengawet. Adonan roti bluder dibentuk piramida bulat dan berukuran jumbo.

Kemudian dikemas menggunakan cup kertas, sehingga dapat disantap dengan praktis. Dulu, roti bluder dibuat tanpa polosan atau tanpa isian.

Baca Juga : Roti Bluder dan Roti Krenten, Roti Kuno yang Masih Digemari

2. Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan

5 Fakta Roti Bluder, Peninggalan Belanda yang Jadi Ikon Kuliner Kota Madiun5 Fakta Roti Bluder, Peninggalan Belanda yang Jadi Ikon Kuliner Kota Madiun Foto: Instagram @bludercokromadiun

Banyak kue-kue klasik Indonesia yang ternyata resep aslinya berasal dari Belanda. Begitu pun dengan roti bluder yang manis legit ini.

Menilik sejarahnya, roti bluder sebenarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Saat itu, roti bluder dibawa oleh orang Eropa.

Kemudian, roti bertekstur ini menjadi populer sebagai santapan wajib para tentara Belanda. Roti ini juga menjadi peninggalan Belanda di Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nih Cara Bikin Roti Bluder, Oleh-oleh Khas Madiun"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren
FOKUS BERITA Kue Klasik Ngetren