Mbah Siamin, Kakek 66 Tahun yang Tetap Semangat Jual Es Krim Orlando

Devi Setya - detikFood Selasa, 13 Okt 2020 08:00 WIB
Mbah Siamin, Kakek 66 Tahun yang Tetap Semangat Jual Es Krim Orlando Foto: instagram @kulinersby
Jakarta -

Di usia senja, Mbah Siamin masih harus bekerja keras. Ia setiap hari menjajakan es krim meskipun tubuhnya sudah ringkih dimakan usia.

Kakek berusia 66 tahun yang akrab disapa Mbah Siamin ini setiap malam tidak bisa istirahat lebih awal. Ia masih harus mengayuh gerobak es krim demi mendapatkan rejeki.

Mbah Siamin adalah penjual es krim Orlando, es krim klasik yang kini masih eksis di Surabaya. Es krim lembut ini setiap hari di bawa keliling oleh Mbah Siamin, sambil berharap ada yang tertarik membelinya.

Mbah Siamin, Kakek 66 Tahun yang Tetap Semangat Jual Es Krim OrlandoMbah Siamin, Kakek 66 Tahun yang Tetap Semangat Jual Es Krim Orlando Foto: instagram @kulinersby

Lewat instagram @kulinersby, Mbah Siamin tampak duduk menunggu pembeli di samping gerobak es krimnya. Ia berdiam di depan pom bensin Kertajaya, Surabaya. Selama 21 tahun Mbah Siamin setia pada profesinya ini, tapi kini tubuhnya tak sebugar dahulu.

Ia bahkan kini sudah tak sanggup mengayuh gerobaknya karena otot pada kaki-kakinya mulai lemah. "Setiap hari mbah Siamin berangkat dari Perak menuju Pom Bensin Kertajaya dan butuh waktu 2 jam karena sepedanya berat banget," tulis pemilik akun.

Mbah Siamin setiap hari berjualan mulai pukul 18.00-00.00 WIB. "Buat temen temen yang lewat di daerah sini, bantu jualan Mbah Siamin ya, dan es krimnya enak kok (anak 90an pasti familiar bgt dengan es krim ini) dan harga cuma 5.000 an aja," ajak sang pemilik akun untuk melarisi dagangan Mbah Siamin.

Es krim Orlando sendiri adalah produk es krim dari pabrik lokal di Surabaya. Es krim ini populer di tahun 1990-an, dan hingga kini masih dijajakan secara keliling.

Pabriknya ada di Jalan Kalisosok Lor 7, Krembangan Selatan, Surabaya. Meski tak sepopuler dulu tapi es krim ini sebenarnya punya rasa yang enak.

Disajikan menggunakan wafer cone, es krim Orlando hadir dalam berbagai rasa mulai dari rasa vanila, strawberry hingga cokelat. Es krim juga dibanderol murah yakni Rp 5.000 saja.

Mbah Siamin, Kakek 66 Tahun yang Tetap Semangat Jual Es Krim OrlandoMbah Siamin, Kakek 66 Tahun yang Tetap Semangat Jual Es Krim Orlando Foto: instagram @yulidanunggalaa

"My childhood, suka banget es krim ini, ringan tapi enak banget ga bikin enek, jadi kangen. Dulu ini eskrim sultan buat aku soalnya ga mampu beli, belinya es dungdung. Dibeliin orlando sama ortu bisa dihitung jari," curhat netizen.

"Enak banget ini. Aku dulu ketika kecil gak mampu beli ini karena tahun 2000 yang segitu masih dianggap mahal. Kapan kapan nyoba kalo lagi ke Surabaya," kata netizen.



Simak Video "Es Krim Monster yang Segar dan Mantap"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)