Tagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di Kalimantan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 09 Okt 2020 13:16 WIB
Tagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di Kalimantan Foto: Instagram @kemensetneg.ri
Jakarta -

Tagar bebek dan itik trending di media sosial. Tagar ini berkaitan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Kalimantan dan mampir ke peternakan itik di sana.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak kemarin (08/10). Kunjungannya ke Kalimantan kali ini untuk meninjau perkembangan lumbung pangan hingga membagikan bantuan Presiden.

Baca Juga: 9 Momen Jokowi Menikmati Makanan 'Ndeso' Asli Indonesia

Dalam unggahan lewat Facebook resmi Presiden Joko Widodo pada hari Rabu (07/10) lalu, Jokowi menjelaskan agendanya selama berkunjung ke Kalimantan Tengah.

Tagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di KalimantanTagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di Kalimantan Foto: Instagram @kemensetneg.ri

"Selamat pagi. Hari ini saya menuju Kalimantan Tengah untuk kunjungan sehari. Setiba di Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya, saya melanjutkan perjalanan dengan helikopter menuju Kabupaten Pulang Pisau," tulisnya.

Di sana Jokowi berencana untuk meninjau kawasan lumbung pangan yang sedang pemerintah kembangkan. Termasuk meninjau penanaman padi, keramba ikan, serta peternakan bebek yang lokasinya berada di Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam beberapa foto yang tersebar, tampak Jokowi tengah mengamati peternakan itik yang viral di media sosial.

Tentu saja foto ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan netizen. Banyak yang menyayangkan aksi Jokowi yang lebih memilih meninjau kandang itik di tengah kondisi Indonesia yang tengah genting, terkait unjuk rasa UU Cipta Kerja.

Tagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di KalimantanTagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di Kalimantan Foto: Instagram @kemensetneg.ri

Tapi banyak juga yang terus memberikan dukungan kepada Jokowi untuk tetap menjalankan tugasnya.

Terlepas dari hal itu, tak hanya peternakan itik saja yang dikunjungi Jokowi. Seperti yang sudah dituliskan di dalam agenda kunjungannya, beliau juga mampir ke lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan terbaru di Desa Belanti Siam.

Di sana Jokowi ditemani oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk meninjau lahan pangan tersebut.

"Kita patut bersyukur bahwa di Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kapuas hamparannya datar, airnya melimpah, tanahnya subur, sehingga sangat sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan agar produktif," ungkap Jokowi seusai meninjau lokasi pengembangan food estate di Pulang Pisau, dilansir dari Instagram @kemesetneg.ri (09/10).

Tagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di KalimantanTagar #Bebek dan #Itik Trending, Ini yang Dikunjungi Jokowi di Kalimantan Foto: Instagram @kemensetneg.ri

Lewat kunjungannya ini Jokowi ingin memastikan bahwa dimulainya food estate di Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, diharapkan dapat menaikkan pendapatan petani lokal.

Food estate sendiri merupakan konsep pengembangan pangan. Lewat sistem terintegrasi yang menjangkau perkebunan, peternakan dan pertanian di satu wilayah yang sama. Food estate ini digadang-gadang akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) periode 2020-2024.

Sementara warga twitter menaikkan tagar #bebek dan #itik mengaitkan momen kunjungan Presiden Jokowi dengan demo menolah Omnibus Law yang terjadi di berbagai kota di Indonesia.

Baca Juga: 5 Soto Enak Favorit Presiden Jokowi yang Hari Ini Ulang Tahun ke-59



Simak Video "Menjajal Es Dawet Telasih Legendaris Favorit Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com