Resep Kue Sarang Semut Legit Anti Gagal dan Mudah

Puti Yasmin - detikFood Jumat, 09 Okt 2020 14:00 WIB
Kue Sarang Semut Foto: Instagram @xanderskitchen/Resep Kue Sarang Semut Legit Anti Gagal dan Mudah
Jakarta -

Ada berbagai macam masakan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang legit. Salah satunya adalah kue Sarang Semut yang berasal dari Kota Seberang, Jambi.

Dikutip dari situs Warisan Budaya Kemendikbud, makanan ini juga dikenal dengan nama Sarang Semut Ubi Kayu. Namun, saat ini kue Sarang Semut hanya bisa dijumpai saat momen-momen tertentu.

Pasalnya, pembuatan kue ini memerlukan proses yang memakan waktu. Karena itu juga, banyak orang yang akhirnya enggan memasak makanan ini dan dibuat saat momen tertentu saja, seperti bulan Ramadan.

Berikut resep Kue Sarang Semut yang berasal dari Jambi:

Dikutip dari buku 'Kuliner Jambi: Telusuri Jejak Melayu, Sedap Meresap dalam Kalbu' terbitan Gramedia Pustaka Utama, bahan baku utama makanan ini ubi kayu. Nantinya, rasa ubi akan dipadukan dengan kelapa parut yang dimasak dengan gula kelapa sehingga menciptakan rasa legit.

Bahan:

1 kg ubi kayu
kelapa parut 1 butir kelapa
200 gram gula kelapa
200 ml air
daun pandan secukupnya

Cara Membuat:

-Pembuatan Inti

Masak gula kelapa dan air sampai larut. Kemudian, rebus selama beberapa saat sampai mendidih dan agak kental. Selanjutnya, daun pandan dan kelapa parut dimasukkan dan dimasak dengan api kecil hingga airnya kering, dan adonan jadi kental serta berminyak.

-Pembuatan Pasta Pandan

Proses kedua dilakukan dengan mencuci bersih dan memotong beberapa daun pandan. Lalu, blender potongan daun tadi dan disaring airnya.

-Pembuatan Sarang Semut Ubi Kayu

Tahapan utama membuat Kue Sarang Semut, yakni pertama kupas, parut dan peras ubi kayu. Setelah itu, jangan lupa untuk mencampur air tersebut dari pasta pandan yang telah dibuat.

Selanjutnya, air ubi yang berubah warna menjadi hijau dicampur lagi dengan ubi parut dan aduk hingga rata. Lalu, adonan parutan ubi yang telah berwarna hijau diayak dengan tapis untuk memisahkan serat-sertanya yang kasar sehingga terbentuk adonan kue yang menyerupai tepung.

Tepung ubi diletakkan ke dalam 1/2 bagian cetakan. Kemudian, inti diletakkan di bagian tengah. Jangan lupa, menutup bagian atasnya dengan adonan tepung ubi.

Terakhir, jika semua bahan telah dimasukkan ke dalam cetakan, kue sarang semut siap dimasak dengan cara dikukus. Hasilnya nanti dari resep Kue Sarang Semut kukus teksturnya berlubang dan lembut.

Walaupun begitu, kue ini juga bisa dimasak dengan cara dipanggang. Bila dengan cara tersebut, Kue Sarang Semut akan memiliki tekstur lebih kenyal, berlubang dan berserat.

Selamat mencoba!



Simak Video "Melihat Pembuatan Kue Kolongmbeng Khas Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com