Krenyes Enak Roti Bakar

Roti Bakar Versi 5 Negara, dari Malaysia hingga Swedia

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 08 Okt 2020 07:00 WIB
Roti Bakar Berbagai Negara yang Enak untuk Sarapan Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya di Indonesia, roti bakar juga hadir di beberapa negara. Roti bakar ini cocok dijadikan menu sarapan yang mengenyangkan.

Roti bakar merupakan sajian berbahan roti tawar yang diberi aneka isi, baik manis atau gurih. Setelah itu roti dibakar di atas wajan antilengket.

Karena terbuat dari roti tawar, menu ini cock disantap saat sarapan. Roti bakar tak hanya populer di Indonesia, tapi juga di beberapa negara.

Seperti Korea Selatan yang populer dengan roti bakar dengan isian telur. Ada juga roti bakar khas Bandung yang populer di Indonesia. Hingga Swedia yang punya roti bakar dengan topping udang.

Berikut 5 roti bakar di dunia yang enak untuk sarapan:

1. Roti Bakar Bandung (Indonesia)

Roti Bakar Berbagai Negara yang Enak untuk SarapanRoti Bakar Berbagai Negara yang Enak untuk Sarapan Foto: iStock

Roti bakar Bandung yang populer di Indonesia menggunakan roti tawar yang bentuknya panjang mirip balok. Oleh karena itu, roti bakar ini dikenal juga dengan nama Roti Bakar Balok. Biasanya roti bakar Bandung dikreasikan dengan varian manis.

Roti tawar panjang dibelah menjadi dua, lalu diolesi mentega dan aneka selai. Ada juga yang menggunakan keju parut. Kini roti bakar Bandung juga banyak yang dikreasikan dengan varian kekinian seperti Nutella, choco crunchy, red velvet, dan lainnya.

Tapi di Bandung ada juga roti bakar yang unik. Roti Bakar Gempol sangat populer di Bandung dan banyak diburu untuk sarapan. Menggunakan roti gandum yang dibuat sendiri lalu diberikan isian selai. Untuk varian gurihnya menggunakan telur dadar, sosis, dan keju.

2. Kaya Toast (Singapura dan Malaysia)

Roti Bakar Berbagai Negara yang Enak untuk SarapanRoti Bakar Berbagai Negara yang Enak untuk Sarapan Foto: iStock

Kaya toast juga kreasi roti bakar yang sangat populer di Singapura dan Malaysia. Berupa roti tawar yang dibakar (panggang) dengan tambahan mentega dan selai kaya.

Selai kaya sendiri adalah selai yang terbuat dari telur, santan, dan susu kental manis. Biasanya selai kaya berwarna kuning, oranye, atau hijau. Kaya toast ini rasanya sangat manis dan gurih.

Tekstur roti kaya sangat renyah karena dipanggang hingga kecokelatan. Biasanya kaya toast dijadikan teman minum kopi. Tak ketinggalan telur setengah matang yang super creamy.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menjajal Roti Bakar Unik yang Bikin Nagih "
[Gambas:Video 20detik]