Jangan Buang Kulit dan Biji Mangga, Bisa Diolah Jadi Puding Enak

Devi Setya - detikFood Rabu, 07 Okt 2020 13:00 WIB
Biji mangga Foto: iStock
Jakarta -

Siapa bilang hanya bagian daging mangga saja yang bisa dikonsumsi? Kalau kreatif, kulit dan biji mangga juga bisa diolah jadi puding enak.

Biasanya orang akan langsung membuang bagian kulit dan biji mangga setelah mengambil bagian daging buahnya, tapi ternyata bagian yang terbuang ini masih bisa dimanfaatkan. Salah satunya untuk membuat puding mangga.

Seorang pengguna TikTok membagikan cara mengolah kulit dan biji mangga agar tak terbuang sia-sia. Pada bagian biji dan kulit terdapat daging buah yang masih melekat namun tentu tak bisa langsung dimakan. Akun @Cellahalim justru memasak biji dan kulit mangga ini sebagai campuran puding.

Kulit dan Biji Mangga, Bisa Diolah Jadi Puding EnakKulit dan Biji Mangga, Bisa Diolah Jadi Puding Enak Foto: tiktok @cellahalim

Cella menunjukkan video tutorial cara memanfaatkan kulit dan biji mangga. Ia sebelumnya sudah menyiapkan kulit dan biji mangga, kemudian ia merebusnya dalam air yang sudah dicampur bubuk agar-agar serta gula. Campuran ini dimasak hingga mendidih dan matang.

Serat dan daging buah mangga yang masih menempel pada kulit dan biji perlahan mulai larut dalam air. Warna agar-agar yang awalnya bening pun perlahan menjadi kuning oranye. Bukan hanya warna, tapi tentu saja ada rasa mangga alami yang ikut bercampur pada puding ini.

Setelah matang, agar-agar ini harus disaring lebih dulu untuk memisahkan bagian kulit dan biji mangga. Selanjutnya puding langsung bisa dicetak menggunakan loyang dan didiamkan hingga mengeras.

Puding mangga ini bisa langsung dinikmati ataupun dijadikan minuman enak ala kafe. Cella memilih menikmatinya sebagai campuran minuman, ia meracik puding mangga dengan tambahan es batu dan yakult. Hmm... Kelihatannya segar dan menggoda, padahal bermodal kulit dan biji mangga.

Video yang diunggah pada 26 Setember 2020 ini langsung menyedot perhatian publik. Ada lebih dari 32 ribu netizen yang menyukai video Cella dan ratusan komen netizen yang tergoda ingin mencoba memanfaatkan biji dan kulit mangga.

"Yah.. mangga udah abis muncul ginian. Tadi pengen bikin sesuatu dari mangga eh bingung, yauda langsung makan aja. eh muncul ini pas mangga nya abis semua," kata netizen.

"Kreatif, daripada dibuang mending dimanfaatin," sahut netizen.

Kulit dan Biji Mangga, Bisa Diolah Jadi Puding EnakKulit dan Biji Mangga, Bisa Diolah Jadi Puding Enak Foto: tiktok @cellahalim

Untuk bisa mengolah kulit dan biji mangga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebelum dikupas, mangga harus dicuci hingga bersih sehingga tak ada lagi getah, sisa pestisida dan kotoran yang masih melekat.

Gunakan juga mangga yang matang sempurna dan berasal dari jenis mangga berkulit lunak, misalnya mangga gedong gincu. Hindari menggunakan mangga dengan kulit dan daging cenderung kaku seperti mangga simanalagi.



Simak Video "Masak Masak: Resep Puding Pandan Isi Kelapa Buat Dijadikan Takjil"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com