ADVERTISEMENT

Tren Warung Kampung

5 Sambal Enak di Warung Makan Kampung, Bajak hingga Cibiuk

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 02 Okt 2020 12:30 WIB
Sambal tradisional
Foto: iStock

2. Sambal Bawang

Sambal tradisionalSambal tradisional Foto: iStock

Sambal bawang jadi jenis yang paling praktis dibuat. Bahan yang digunakan pun tak banyak, hanya berupa cabai rawit merah, bawang putih, garam, dan gula. Kalau pencinta bawang putih, pasti suka dengan jenis sambal satu ini.

Untuk membuatnya, cuci bersih cabai rawit merah dan bawang putih. Kedua bahan ini lalu digoreng dalam minyak hingga layu. Setelah itu diulek beserta garam dan sedikit gula.

Rasa sambal bawang sangat pedas dan aroma bawang putihnya cukup kuat. Biasanya sambal bawang ini disajikan untuk menu ayam penyet ataupun geprek.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sambal Bawang, Bisa Jadi Ide Jualan

3. Sambal Dadak

Sambal tradisionalSambal tradisional Foto: iStock

Jenis sambal ini cocok untuk orang yang tidak suka makanan berminyak. Adalah sambal dadak yang cara membuatnya tak perlu digoreng terlebih dahulu.

Tinggal siapkan bahan-bahan di atas cobek. Berupa cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, dan tomat. Jangan lupa tambahkan garam dan gula. Kalau tak suka terasi, bisa dilewati.

Setelah sambal halus jangan lupa berikan air jeruk limau, agar aromanya wangi dan memberikan sensasi segar. Sambal dadak ini biasanya ada di warung makan Sunda. Cocok dinikmati bersama ikan goreng, ayam goreng, hingga nasi bakar.



Simak Video "Sambal Bakar Indonesia Racikan TikToker yang Pedas Menyengat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT