Alami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 Tahun

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 26 Sep 2020 08:00 WIB
Alami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 Tahun Foto: WNS:South West News Service
Jakarta -

Mengalami gangguan makan dengan hanya bisa konsumsi sandwich selama tujuh tahun, bocah ini akhirnya sembuh karena dihipnotis. Begini kisahnya.

Adalah Zachary Twigger, bocah laki-laki berusia 10 tahun asal Inggris. Tak seperti bocah kebanyakan yang bisa mencicipi berbagai makanan, Twigger justru mengalami gangguan makan. Twigger tidak bisa makan makanan sembarangan, karena ia memiliki fobia tertentu yang bisa mengancam nyawanya.

Hanya ada satu makanan yang bisa diterima oleh tubuhnya, yaitu sandwich dengan olesan keju. Alhasil, selama tujuh tahun lamanya, Twigger hanya mengonsumsi sandwich olesan keju saja. Beruntung, fobianya terhadap makanan itu baru saja disembuhkan dengan cara hipnotis.

Alami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 TahunAlami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 Tahun Foto: WNS:South West News Service

Baca Juga : Ini 5 Gangguan Makan dan Gejalanya yang Perlu Kamu Tahu

Setelah dihipnotis, Twigger bisa mengonsumsi berbagai makanan, mulai dari sayur, buah, daging dan lainnya. Kondisi seperti ini bahkan membuat Twigger merasa takjub dan tak percaya. Ia mengatakan bahwa setelah dihipnotis, ketakutannya dengan makanan hilang begitu saja.

"Sungguh menakjubkan, aku gak percaya saya bisa makan sayuran. Sebelumnya pas aku cuma bisa makan sandwich, aku gak pernah bosan dengan rasanya. Hanya itu yang bisa aku makan tanpa tersedak," ujar Twigger, seperti yang dikutip dari The Sun (02/09).

Lebih lanjut, bocah laki-laki itu juga menyebut bahwa dirinya pernah penasaran dengan rasa makanan di malam natal. Apalagi ketika menghirup aroma masakannya. Namun, ia benar-benar tidak pernah mencoba makanan itu.

Alami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 TahunAlami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 Tahun Foto: WNS:South West News Service

"Sekarang aku sudah tidak sabar untuk mencoba makanan yang berbeda. Aku ingin pergi ke Pizza Express yang berikutnya karena teman aku bilang itu enak," tutur Twigger.

Becky, selaku ibu Twigger menceritakan bahwa gangguan makan yang dialami oleh anaknya terjadi pertama kali ketika usianya 18 bulan. Saat itu, ia kesal karena sudah membuatkan makanan khusus tapi Twigger tak bisa menelannya.

Setelah diperiksa ke dokter, Twigger didiagnosis mengalami Neophobia, atau ketakutan dengan makanan. Sejak itulah Twigger hanya mengonsumsi sandwich beroleskan keju saja, bahkan saat makan malam natal sekalipun.

"Itu sangat sulit, tetapi para dokter benar-benar mengatakan bahwa dia akan berkembang dari itu, Dia tidak kelebihan berat badan dan mendapat banyak protein," ujar Becky.

Alami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 TahunAlami Gangguan Makan, Bocah Ini Cuma Bisa Makan Sandwich selama 7 Tahun Foto: WNS:South West News Service

Seiring bertambahnya usia, bocah laki-laki itu meminta untuk mencoba makanan lain. Mereka pernah melewati sebuah restoran China dan Twigger sangat menyukai aroma makanannya. Tapi lagi-lagi ketika mencoba memakan, tubuhnya menolak.

Hingga akhirnya Becky merasa khawatir kesehatannya memburuk. Becky pun meminta bantuan ahli hipnoterapi perilaku kongitif, David Kilmurry untuk menyembuhkan gangguan makan pada anaknya. Dan usahanya pun berhasil.

"Setelah saya hipnotis, saya mempersembahkan sepiring makanan lengkap sayur, daging dan saus. Dia memakannya tanpa rasa takut. Saya jadi sedikit emosional ketika menyaksikan pengalaman pertama yang luar biasa ini," ujar Kimurry.

Baca Juga : Tinggal Tulang dan Kulit, 5 Kasus Gangguan Makan Anoreksia Ini Bikin Ngeri



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Makanan Legendaris di Pasar Cihapit Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)