Bule Belanja Kecap, Daun Pisang dan Sereh di Barcelona, Habis Rp 400 Ribuan

Devi Setya - detikFood Selasa, 22 Sep 2020 09:00 WIB
Belanja Makanan Indonesia di Spanyol Foto: Youtube Setengah Bule
Jakarta -

Bahan makanan impor memang harganya bisa berkali lipat lebih mahal. Seperti pengalaman bule Spanyol saat belanja bahan makanan Indonesia seperti kecap, sereh hingga daun pisang.

Di Indonesia, untuk mendapatkan bumbu dapur seperti sereh, kemiri, daun jeruk hingga daun pandan memang sangat mudah dan harganya juga terjangkau. Tapi lain cerita kalau mencari beragam bahan masakan Indonesia di Eropa. Salah satunya di Barcelona, Spanyol.

Seorang wanita Spanyol yang menikah dengan pria Indonesia membagikan momen pengalaman seru belanja bahan makanan Indonesia. Lewat channel Youtube Setengah Bule, pasangan Clara dan Bayu mengajak netizen mengunjungi toko Asia yang menjual berbagai bahan makanan termasuk dari Indonesia.

Belanja Makanan Indonesia di SpanyolBelanja Makanan Indonesia di Spanyol Foto: Youtube Setengah Bule

"Kita mau ke toko bahan makanan Asia di sini. Mau beli kecap manis, kemiri, bumbu-bumbu buat bikin nasi goreng, mie goreng dan makanan Indonesia," kata Clara sambil berjalan menuju toko yang dimaksud.

Begitu tiba di toko, Clara dan Bayu terlihat sangat senang karena bisa menemukan berbagai bahan makanan yang tidak tersedia di supermarket biasa. Keduanya bahkan menyebut toko ini sebagai surga karena bisa dengan mudah menemukan bahan makanan yang dicari.

"Ini surga banget, lihat nih ada saus sambal, ada Indomie, kecap manis, bumbu-bumbu," kata Bayu.

Pasangan yang menetap di Barcelona ini tidak berlama-lama di toko ini. Mereka hanya keliling sebentar untuk mencari bahan kebutuhannya.

Keduanya sempat terkejut saat menemukan sereh, daun pisang, daun pandan dan daun jeruk di dalam freezer. Tanpa pikir panjang, mereka langsung memasukkanya ke dalam keranjang belanja.

Setelah semua belanjaan dibayar, pasangan ini langsung pulang dan berjanji akan menghitung hasil belanjanya di rumah. Beberapa bahan yang dibeli yakni saus sambal, kecap, mie instan, daun salam, daun jeruk, daun pandan, daun pisang dan bumbu tomyam.

Sesampainya di rumah, Clara langsung unboxing hasil belanjanya. Ia juga sudah menyiapkan aplikasi converter untuk melihat perbedaan harganya dalam mata uang Rupiah.

Satu pak daun salam harganya Rp 34 ribu dengan isi beberapa lembar daun seberat 8 gram. Meskipun terbilang mahal tapi Clara sangat senang bisa masak menggunakan daun salam. "Ya ampun terima kasih, aku butuh banget ini," kata Clara.

"Itu Rp 30 ribu, kalau aku beli di warung Rp 2000," sahut Bayu membandingkan harganya dengan di Indonesia.

Selanjutnya ada daun jeruk harganya Rp 19 ribu, sereh Rp 87 ribu dengan isi kurang lebih 20 batang, serta daun pandan Rp 27 ribu isi 15 lembar.

"Ini yang saya cari-cari pas bulan puasa, bulan ramadhan. Saya bikin biji salak tanpa daun pandan, coba rasanya apa. Kaya kentang bulet nggak jelas. Daun pandan 27 ribu sekitar 15 lembar," beber Clara.

Wanita Spanyol yang kini sudah fasih berbahasa Indonesia ini juga membeli 2 lembar daun pisang seharga Rp 40 ribu. Nantinya Clara mau belajar membuat nasi bakar yang dibungkus menggunakan daun pisang ini.

Hampir semua produk jenis daun ini didatangkan langsung dari Indonesia. "Senang sekali ini diimpor langsung dari Indonesia. Tidak apa-apa harganya mahal karena memang dikirim jauh dari Indonesia," jelas Clara.

Belanja Makanan Indonesia di SpanyolBelanja Makanan Indonesia di Spanyol Foto: Youtube Setengah Bule

Di sini mereka juga membeli mie instan, kecap mania dan saus tomat yang harganya terbilang cukup tinggi. Dari total belanja seluruhnya, pasangan ini menghabiskan sekitar Rp 400 ribuan padahal yang dibeli hanyalah bumbu dan pelengkap masak saja.

Netizen yang melihat aksi belanja Clara dan Bayu juga turut memberikan respon. Banyak yang salut karena ternyata produk Indonesia banyak dijual di Eropa.

"Hebat produk Indonesia sampai ke luar negeri, bangga deh" kata netizen.

"Mantap videonya jadi tahu deh harga bumbu-bumbu makanan Indonesia di Barcelona. Kalau di rumah saya itu semua nggak pake beli, semua ada di karangan rumah tinggal ambil saja," sahut netizen lainnya.



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)