Viral Odading Mang Oleh, Ini 5 Kreasi Roti Goreng dari Mancanegara

Riska Fitria - detikFood Senin, 21 Sep 2020 15:00 WIB
Odading Mang Sholeh Foto: 20detik
Jakarta -

Odading, jajanan roti goreng khas Bandung ini tengah naik daun. Selain odading, berbagai negara lainnya juga punya kreasi roti goreng tradisional. Apa saja?

Banyak orang yang penasaran dengan odading yang viral karena video promosi warung Odading Mang Sholeh. Sampai akhirnya orang mengetahui bahwa odading merupakan roti goreng khas Bandung. Selain di Bandung, roti goreng ini juga ditemui di berbagai daerah lain di Indonesia.

Hanya saja penamaannya yang berbeda-beda, seperti di Medan yang lebih dikenal dengan sebutan kue bohong, di Jawa Tengah disebut kue bolang-baling dan di Jakarta dikenal dengan roti bantal. Nah, jajanan roti goreng ini juga dimiliki oleh negara-negara lainnya mulai dari Kroasia, Korea hingga Spanyol.

Jika dilihat dari adonannya, roti goreng dari berbagai negara itu terlihat sama. Hanya saja penyajiannya memiliki kreasi dan keunikan tersendiri. Meskipun sederhana, tetapi jajanan roti goreng tersebut ada yang memiliki makna mendalam.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 kreasi roti goreng dari berbagai negara.

1. Odading dari Bandung Indonesia

Odading Mang Sholeh yang ViralOdading Mang Sholeh yang Viral Foto: dok. detikFood / Siti Fatimah

Setelah viral warung Odading Mang Sholeh, banyak yang penasaran dengan jajanan tersebut. Odading merupakan jajanan khas Bandung berupa roti goreng. Jajanan tersebut dikenal dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk lembut.

Odading terbuat dari adonan terigu protein tinggi, telur, gula pasir, susu kental manis, mentega, ragi instan, dan minyak goreng. Adonan itu dibentuk kotak atau bulan baru kemudian digoreng. Nama Odading konon diambil dari ucapan orang Belanda saat membeli kue ini.

Odading biasanya dijual berbarengan dengan cakwe. Banyak yang menyebut juga bahwa odading adalah cakwei versi manis. Namun, sebenarnya adonan kedua jajanan ini berbeda. Odading yang klasik disajikan polosan atau ada pula yang diberi taburan biji wijen.

Baca Juga : Nggak Harus ke Bandung demi Odading Mang Sholeh, Ini Cara Praktisnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cocok untuk Buka Puasa, Roti Goreng Isi Coklat Meleleh"
[Gambas:Video 20detik]