Pepaya Jadi Alat Penyelundupan Narkoba Senilai Rp 1,3 Miliar!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 21 Sep 2020 16:00 WIB
Penyelundupan Narkoba di Pepaya Foto: CNB
Jakarta -

Penyelundupan narkoba menggunakan media makanan kembali terjadi, kali ini ada di dalam pepaya. Tak tanggung-tanggung narkoba yang ditemukan bernilai Rp 1,3 miliar!

Pengedar narkoba menyelundupkan barang haram ini dengan banyak cara, salah satunya mengakali pihak berwajib dengan menggunakan media makanan. Hal ini dilakukan untuk mengelabui mereka.

Walau sudah diselundupkan, tapi banyak kasus narkoba yang ketahuan. Salah satunya penyelundupan narkoba di dalam pepaya yang sempat menghebohkan warga Singapura beberapa hari belakangan, seperti dilansir Channel New Asia (18/9).

Penyelundupan Narkoba di PepayaPenyelundupan Narkoba di Pepaya Foto: CNB

Pada Kamis 17 September 2020, 8 pria diringkus pihak berwajib Singapura dalam operasi di beberapa lokasi. Mereka terdiri dari 3 orang Malaysia dan 5 orang Singapura.

Baca Juga: Kokain Senilai Rp 80 Miliar Diselundupkan Bersama Kentang dan Ubi

Mereka yang tengah berlayar diringkus di beberapa lokasi. Mulai dari River Valley Road, Pasir Panjang Wholesale Centre, Clementi dan Bukit Purmei.

Dalam penyitaan ditemukan obat-obatan terlarang itu ada dalam pepaya. Namun sebelumnya pengedar memasukkan narkoba ke dalam bongkahan es batu, kemudian baru dimasukkan ke dalam pepaya yang dibuka dengan teliti.

Penyelundupan Narkoba di PepayaPenyelundupan Narkoba di Pepaya Foto: CNB

Tak hanya itu saja, pepaya tersebut juga dibungkus plastik yang cukup tebal. Narkoba yang diselundupkan tersebut bernilai S$ 124.000 atau senilai Rp 1,3 miliar.

Dilansir dari World of Buzz (20/9), Biro Narkotika Pusat Singapura membeberkan jenis narkoba yang ditemukan. Ada 375 gram metamfetamin, 37 gram heroin, 135 kilogram ketamin, dan satu tablet benzodiazepine.

Penyelundupan Narkoba di PepayaPenyelundupan Narkoba di Pepaya Foto: CNB

Sebelumnya penyelundupan narkoba di dalam makanan juga pernah terjadi. Saat itu diselundupkan dalam sayur tahu. Penyelundupan narkoba dalam sayur tahu ini dilakukan agar bisa masuk ke penjara.

Dibagikan lewat video oleh pengguna Twitter @captmor. Dalam video berdurasi 1 menit 11 detik itu terlihat dua petugas tengah membongkar bungkusan plastik berisi sayur tahu.

Penyelundupan Narkoba di PepayaPenyelundupan Narkoba di Pepaya Foto: Twitter @captmor

Ketika tahu-tahu tersebut dibelah terlihat bungkusan plastik berisi narkoba. Kejadian ini berlangsung di Lapas kelas IIB Mojokerto.

Baca Juga: Sayur Tahu hingga Salak, Makanan Untuk Selundupkan Narkoba ke Penjara



Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)