Sunah Rasulullah, Makan dan Minum Sambil Duduk Punya Banyak Manfaat

Devi Setya - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 11:00 WIB
Makan dan Minum Sambil Duduk Foto: Getty Images/stockstudioX

4. Menyegarkan dan menenangkan syaraf

Makan dan minum sambil duduk juga akan memberi efek segar pada tubuh. Dr. Ibrahim Ar-Rawi mengatakan minum sambil berdiri tidak dapat memberikan kesegaran pada tubuh secara optimal dan air yang masuk ke dalam tubuh akan cepat turun ke organ tubuh bagian bawah.

Hal itu dikarenakan air yang dikonsumsi tidak tertampung di dalam lambung. Padahal air yang tertampung ini nantinya disalurkan ke seluruh tubuh lewat sistem pencernaan. Orang yang minum sambil duduk akan terhindar dari dehidrasi.

Makan dan minum sambil duduk juga membuat syaraf lebih tenang. Secara psikis, orang yang makan dan minum sambil berdiri akan merasa tergesa-gesa sehingga organ tubuh bekerja dengan cepat saat makanan dan minuman masuk. Lain halnya ketika makan dan minum sambil duduk maka akan merasa lebih rileks dan efek ini berpengaruh pada sistem syaraf.

5. Terhindar dari penyakit radang sendi

Makan sambil duduk dan berdiriMakan sambil duduk dan berdiri Foto: iStock


Penyakit artritis atau peradangan pada sendi terjadi ketika tubuh mengalami penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh. Hal ini kerap terjadi pada orang yang sering minum sambil berdiri.

Efek yang dirasakan adalah rasa sakit, bengkak, kaku dan sulit bergerak. Untuk meminimalisir resiko ini, mulailah memiliki kebiasaan untuk minum sambil duduk. Ketika minum dalam posisi duduk juga lebih cepat menghilangkan rasa haus.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com