Sunah Rasulullah, Makan dan Minum Sambil Duduk Punya Banyak Manfaat

Devi Setya - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 11:00 WIB
Makan dan Minum Sambil Duduk Foto: Getty Images/stockstudioX

2. Anjuran minum sambil duduk


Meskipun terkesan sepele, tetapi makan dan minum sambil duduk sangat ditegaskan dalam ajaran Islam. Abu Hurairah berkata "Jangan kalian minum sambil berdiri. Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan." (HR. Muslim).

Selain itu, diriwayatkan dari Anas Ibnu Malik, ia pun berkata "Rasulullah melarang minum sambil berdiri dan minum langsung dari mulut botol." (HR. Muslim)

Ajaran Rasulullah tidak mungkin menyesatkan, bahkan setelah ditelisik dari sisi medis ternyata makan dan minum sambil duduk memiliki efek pada kesehatan termasuk sistem pencernaan.

3. Menyehatkan pencernaan

Makan dan Minum Sambil DudukMakan dan Minum Sambil Duduk Foto: Getty Images/stockstudioX


Minum air atau makan dalam posisi berdiri akan membuat makanan langsung meluncur dan menabrak dinding lambung secara cepat dan keras. Lain halnya jika minum dan makan dalam posisi duduk. Air dan makanan akan mengalir perlahan dan pelan sampai tiba di lambung untuk proses pencernaan.

Makan dan minum sambil berdiri juga memicu adanya masalah kesehatan lambung yang menyebabkan lambung sulit mencerna makanan. Bukan hanya lambung, minum dan makan sambil berdiri juga mengganggu sistem kerja ginjal.

Ketika minum sambil berdiri maka cairan langsung masuk ke kandung kemih tanpa proses penyaringan dan penyerapan minim. Minum sambil duduk membantu proses penyaringan lewat ginjal semakin maksimal. Minum sambil duduk juga membuat seseorang mampu mengasup air lebih banyak sehingga jauh dari resiko dehidrasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com