Sunah Rasulullah, Makan dan Minum Sambil Duduk Punya Banyak Manfaat

Devi Setya - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 11:00 WIB
Makan dan Minum Sambil Duduk Foto: Getty Images/stockstudioX
Jakarta -

Umat Muslim diwajibkan menyantap makanan dan minuman dalam posisi duduk. Anjuran Rasulullah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dalam ajaran Islam, ada tata cara dan adab yang mengatur soal makanan. Bukan hanya jenis makanan haram dan halal saja tetapi juga bagaimana cara menyantapnya. Nabi Muhammad shalallahualaihi wasallam mengajarkan untuk makan dan minum dalam posisi duduk.

Sebagai kebutuhan primer, semua orang tentu membutuhkan makan dan minum. Jangan asal santap, dalam Islam ternyata ada anjuran yang harus diikuti. Dipandang dari sisi medis, makan dan minum sambil duduk ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut anjuran umat Muslim untuk makan dan minum sambil duduk, serta sederet manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Sunah Rasulullah

Makan dan Minum Sambil DudukMakan dan Minum Sambil Duduk Foto: Getty Images/stockstudioX


Semasa hidup, Rasulullah pernah berkata kepada para sahabatnya untuk makan dan minum dalam posisi duduk. Dalam hal ini artinya sebisa mungkin hindari makan dan minum sambil berdiri.

Dari Anas dan Qatadah Rasulullah shalallahualahi wasallam bersabda : "Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata: "Bagaimana dengan makan?" beliau menjawab: "Itu lebih buruk lagi" (HR. Muslim dan Turmidzi).

Hadist ini juga diriwayatkan ketika Rasulullah berada di rumah Aisyah sedang makan daging yang dikeringkan. Rasulullah duduk bertekuk lutut, sampai datang seorang perempuan yang mengatakan "Lihatlah orang itu duduk seperti budak." Maka dijawab oleh Rasulullah SAW, "Saya seorang hamba, maka duduk seperti duduk budak dan makan seperti makan budak." Lalu Rasulullah SAW mempersilakan wanita itu untuk makan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Keripik Kaca Kini Jadi Tren, Begini Proses Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com