5 Orang Ini Hobi Makan Beras Mentah, Ini Kata Ahli Gizi!

Riska Fitria - detikFood Senin, 14 Sep 2020 18:00 WIB
Kebiasaan makan beras mentah Foto: YouTube Rani Aprilyani_ASMR

3. Aura Kasih Pernah Ngidam Makan Beras Mentah saat Hamil

Arabella, anak Aura KasihAura kasih pernah ngidam makan beras mentah Foto: Instagram @aurakasih

Kebiasaan makan beras juga pernah dialami oleh artis Aura Kasih. Saat hamil pertamanya, wanita cantik kelahiran 26 Februari 1987 tersebut ngidam makan beras mentah. Keinginan makan beras mentah itu ada sejak usia kehamilannya enam bulan.

Aura kasih sendiri juga tak mengerti mengapa ia terpikirkan ingin makan beras. Dari segi kesehatan, kebiasan ini tentu sangat berdampak besar. Irtya Qiyamulail selaku Edukator Bidang Gizi mengatakan kepada detikcom (14/09) bahwa beras mentah mengandung lektin, protein yang berfungsi sebagai insektisida alami.

Jika dikonsumsi itu bisa menyebabkan gangguan pencernaan, mual hingga diare. Terlebih pada ibu hamil yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Namun, berkenaan dengan ngidam saat hamil Irtya Qiyamulail menjelaskan lebih lanjut.

"Sebenarnya ngidam itu kan perubahan suasana hati karena berkaitan dengan hormon, ketika ngidam makanan yang 'tak biasa' selama bisa tidak dituruti sebaiknya pilih pilihan makanan yang lebih baik. Tapi sekitarnya tidak dituruti malah membuat mood sang ibu semakin buruk, boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit dan jangan dijadikan kebiasaan. Selain itu berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu," ujar Irtya Qiyamulail.

4. Bocah di Kebumen Hobi Makan Beras

beras lokal populerberas lokal populer Foto: iStock

Di Kebumen, Jawa Tengah ada juga kisah bocah yang punya kebiasaan makan beras mentah. Bocah tersebut bernama Erni Edies yang berusia 9 tahun. Neneknya mengatakan bahwa kebiasaan makan beras mentah pada cucunya tersebut terjadi sejak usianya masih balita.

Bocah perempuan itu selalu makan beras mentah di setiap harinya. Bahkan saat sedang bermain dengan temannya pun, ia membawa beras mentah untuk dimakan. Biasanya beras itu ditaruh dalam saku celananya atau di kantong plastik.

Sang nenek telah berusaha menghentikan kebiasaan cucunya tersebut dengan menyembunyikan beras. Namun, sang cucu kerapkali mencari hingga ia menemukannya. Bahkan jika ia tidak menemukan beras, ia ngutang ke warung penjual beras.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]