5 Orang Ini Hobi Makan Beras Mentah, Ini Kata Ahli Gizi!

Riska Fitria - detikFood Senin, 14 Sep 2020 18:00 WIB
Kebiasaan makan beras mentah Foto: YouTube Rani Aprilyani_ASMR
Jakarta -

Kebiasaan makan aneh dengan mengonsumsi beras mentah banyak dialami oleh beberapa orang. Mulai dari bocah kecil hingga ibu hamil. Apa kata ahli gizi?

Kecanduan makan nasi mungkin sudah biasa. Namun, pernah kamu mendengar seseorang yang kecanduan makan beras mentah? Percaya atau tidak, ada beberapa orang yang punya kebiasaan aneh dengan mengonsumsi beras mentah.

Meski beras merupakan bahan makanan pokok, tetapi beras tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah-mentah. Irtya Qiyamulail, Edukator Bidang Gizi menjelaskan bahwa beras mentah mengandung lektin.

Lektin adalah protein yang biasa ditemukan pada beras atau kacang-kacangan mentah. Nah, kandungan lektin itu berfungsi sebagai insektisida alami. Mengonsumsi makanan mentah yang mengandung lektin dapat memicu terjadinya mual, diare hingga gangguan pencernaan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 kisah orang-orang yang punya kebiasaan makan beras mentah.

1. Youtuber Mukbang Beras Mentah

Kebiasaan makan beras mentahKebiasaan makan beras mentah Foto: YouTube Rani Aprilyani_ASMR

Melalui beberapa video, pengguna Youtube ini sering memamerkan dirinya saat mukbang beras. Ya, beras tersebut disajikan dalam piring, kemudian dimakan langsung. Video mukbangnya itu juga ASMR, jadi saat dimakan sambil diperdengarkan suara dari kunyahan makan beras.

Seperti pada salah satu videonya, pengguna YouTube dengan channel bernama Rani Aprilyani_ASMR itu makan beras basmati yang dipanggang. Meski telah dipanggang, teksturnya tetap keras renyah, seperti beras mentah pada umumnya.

Tak hanya itu, pengguna YouTube tersebut juga pernah makan beras mentah jenis biasa. Selain Rani, ada juga pengguna YouTube lainnya yang punya kebiasaan serupa. Ia adalah Kiki-ASMR yang pernah makan beras mentah dicampur dengan susu.

2. Bocah 3 Tahun Kebiasaan Makan Beras

beras lokal populerberas Foto: iStock

Pada 2009 lalu masyarakat dihebohkan dengan bocah tiga tahun asal Probolinggo yang punya kebiasaan makan aneh. Kebiasaannya adalah makan beras mentah, bahkan ia kerap menolak setiap disajikan nasi. Bocah tersebut adalah Syaiful Imron.

Kepada detikcom (12/11/2009) kedua orang tua Syaiful Imron itu mengatakan bahwa kebiasaan anaknya makan beras mentah terjadi sejak usianya sembilan bulan. Awalnya kedua orangtuanya kaget, mereka juga sampai mendatangi dukun untuk menyembuhkan anaknya.

Namun, dukun menyebut bahwa itu tidak masalah. Hingga akhirnya mereka membawanya ke dokter spesialis anak dan dokter menjelaskan bahwa si anak mengalami kekurangan vitamin. Namun, jika dilihat dari fisiknya, si anak tidak pernah kelihatan lelah, ia bahkan sering bermain dengan teman sebayanya saat itu.

Baca Juga : Aneh, Bocah 3 Tahun Miliki Kebiasaan Makan Beras Mentah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]